Muhaimin Iskandar Ungkap PKB Resmi Berkoalisi dengan Gerindra Karena Kesamaan Visi

Minggu 18-08-2024,18:06 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

 

RADAR JABAR ,Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, menyatakan bahwa partainya telah resmi berkoalisi dengan Partai Gerindra yang dipimpin oleh Presiden Terpilih RI Periode 2024–2029, Prabowo Subianto. Hal ini disampaikan oleh Muhaimin dalam sambutannya pada acara Serah Terima Dokumen B.1-KWK Pasangan Bakal Calon Pilkada 2024 dari PKB yang berlangsung di Jakarta pada Minggu.

Muhaimin menegaskan bahwa koalisi ini terjalin karena adanya kesamaan visi antara PKB dan Gerindra dalam hal meluruskan ekonomi berbasis konstitusi. "Saya ingin sampaikan, saya dan PKB sudah berkoalisi dengan Gerindra, dan salah satu yang membuat kami berdua, PKB dan Gerindra, cocok adalah kami sama-sama akan meluruskan ekonomi berbasis konstitusi," ujarnya.

Dalam sambutannya, Muhaimin juga menekankan pentingnya ekonomi kerakyatan yang berfokus pada keberpihakan kepada rakyat. Menurutnya, PKB dan Gerindra memiliki kesamaan visi untuk memperjuangkan ekonomi yang kembali pada amanah konstitusi.

 

BACA JUGA:Nilai Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Hal Bagus, PDIP: Dialog Antar Para Pemimpin

 

Selain itu, Muhaimin juga menyoroti dukungan PKB terhadap program makan bergizi gratis yang sejalan dengan visi partai dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Usai acara tersebut, Muhaimin mengungkapkan bahwa pembicaraan intensif antara PKB dan Partai Gerindra telah berlangsung sejak putusan Mahkamah Konstitusi dan keputusan KPU terkait hasil Pilpres 2024.

Ia juga menyebut bahwa Prabowo Subianto pernah berkunjung ke kantor PKB, di mana mereka sepakat untuk memantapkan koalisi dalam pemerintahan yang akan datang. "Pak Prabowo juga pernah datang ke kantor PKB dan kita bersepakat akan memantapkan perjalanan koalisi di pemerintahan yang akan datang. Bagi PKB, kewajiban moral menyukseskan Pak Prabowo dan menjadi bagian dari koalisi Pak Prabowo," jelas Muhaimin.

Muhaimin juga menegaskan bahwa PKB dan Partai Gerindra memiliki kesamaan dalam hal kerakyatan, populisme, dan visi perjuangan. Musyawarah kerja nasional PKB pun telah memutuskan untuk berkoalisi dengan pemerintah yang dipimpin oleh Prabowo.

 

BACA JUGA:Cak Imin Ingatkan DPR Tak Berpuas Diri Meski Citra Positif Meningkat

 

"Jadi karena PKB sudah memantapkan diri berkoalisi dengan Gerindra dan Pak Prabowo, tentu secara moral kita akan mendukung semua program-program Pak Prabowo, termasuk makan siang gratis yang tentunya harus betul-betul disiapkan dengan baik," tambahnya.

Ketika ditanya mengenai apakah kerja sama PKB dengan Gerindra juga mencakup urusan politik dalam Koalisi Indonesia Maju secara keseluruhan, Muhaimin menjawab bahwa kerja sama ini dilakukan dengan Prabowo sebagai presiden terpilih. "Kerja sama dengan Pak Prabowo sebagai presiden terpilih, tentunya," tegasnya.

Kategori :