Mantulpis! Program Inovasi Bedas OK, Bupati Bandung Panen Anggur di HUT ke-79 RI

Sabtu 17-08-2024,21:12 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Bupati Bandung Dadang Supriatna melakukan panen perdana buah anggur yang ditanam di Green House rumah dinas bupati, seusai mengikuti rangkaian peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Sabtu 17 Agustus 2024.

Tanaman anggur yang dipanen pertama kali ini merupakan hilirisasi pilot project Program Bebas dari Sampah Organik (Bedas OK) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung.

Kang DS sapaan akrabnya Dadang Supriatna menerangkan, berbicara hilirisasi artinya berbicara pemanfaatan.

Dimana, kata ia, setelah proses pengolahan sampah, dengan salah satu hasilnya berupa kompos yang dijadikan media tanam juga sebagai pupuk organik.

BACA JUGA:Dari 606 Napi yang Dapat Remisi Kemerdekaan RI ke 79, 19 Orang Narapidana Rutan Bandung Langsung Bebas

"Kalau memang pohon anggur merupakan salah satu tanaman yang sesuai dengan apa yang dihasilkan dari pengembangan program inovasi Bedas OK ini, maka tidak menutup kemungkinan ke depannya setiap desa setiap RW ada penanaman anggur, yang akhirnya Kabupaten Bandung jadi penghasil buah anggur," harap Kang DS.

Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi dan mendukung program inovasi Bedas OK ari DPUTR Kabupaten Bandung untuk terus dikembangkan ke desa-desa lainnya menyusul beberapa desa yang sudah dijadikan prototype saat ini.

Selain menjadi solusi atas permasalah sampah organik, paparnya, inovasi ini juga menghasilkan hilirisasi budidaya tanaman anggur.

"Sehingga nantinya Kabupaten Bandung tidak hanya dikenal sebagai penghasil buah strawberry saja, tapi juga penghasil buah anggur," ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Bandung Sampaikan Capaian 13 Program Prioritas Pada HUT ke-79 RI

Sementara itu, Kepala DPUTR Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa menambahkan, kompos yang dihasilkan dari Program Bedas OK dijadikan sampel media tanam buah anggur.

"DPUTR membuktikan bahwa efektivitas program Bedas OK ini selain mengurangan permasalah sampah, juga dapat memberikan kemanfaatan yang baik dan dapat dicontok serta dilakukan oleh masyarakat," imbuhnya.

DPUTR dengan Program Bedas OK, kata ia, mampu mewujudkan partisipasi masarakat secara nyata melalui pilot project di Kelurahan Rancaekek Kencana.

BACA JUGA:Wakili Tokoh Pemuda Jabar, Ade Lendeng Berikan Penghargaan Kepada Pangdam III Siliwangi

"Dengan capaian yang baik dalam pengelolaan sampah organis,kita harapkan bersama akan secara signifikan berpengaruh terhadap pengurangan masalah sampah di Kabupaten Bandung," tuturnya.

Kategori :