ICONNET FEST X Festival Budaya 1000 Desa, Kolaborasi Lewat Inovasi dan Kreasi

Kamis 15-08-2024,08:45 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - (Kediri, 10/8) Menyambut HUT ke-79 RI, PLN Icon Plus berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri gelar ICONNET Fest X Festival Budaya 1000 Desa. Kegiatan yang digelar di Lapangan Tulungrejo, Kampung Inggris Pare, ini mengolaborasikan dua agenda acara, yakni Peresmian Landmark ICONNET (PLN Icon Plus) dan Festival Budaya 1000 Desa (Pemkab Kediri).

Kolaborasi PLN Icon Plus dan Pemkab Kediri merepresentasikan semangat silaturahmi dan persatuan masyarakat, khususnya di momen perayaan HUT RI. 

Hadir dalam acara festival, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dr. Mohammad Solikin, M.AP., Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PLN Icon Plus Teguh Widhi Harsono, SRM PLN UID Jawa Timur Didik Wicaksono, dan GM PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Timur Rory Aditya. Acara juga dihadiri Kepala Desa Tulungrejo Matnurkasan, Ketua FKB Ngadiono, Yayasan Seribu Desa Indonesia yang bermitra dengan pemerintah desa, Pokdarwis, pengelola wisata, serta warga Kampung Inggris dan masyarakat sekitar venue.

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono Dianugerahi Bintang Mahaputera Nararya oleh Presiden Jokowi

Acara dibuka dengan Sarasehan Sadar Wisata PKL Pasar Senja yang dimulai sejak pukul 7 pagi. Sarasehan diisi dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi QRIS dari Bank BRI kepada pedagang PKL Pasar Senja. Aneka lomba Agustus-an menambah kemeriahan acara Sarasehan. 

Sebagai puncak acara adalah peresmian Landmark ICONNET secara simbolik oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PLN Icon Plus Teguh Widhi Harsono bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dr. Mohammad Solikin, M.AP dengan disaksikan seluruh undangan dan warga sekitar yang hadir. 

Dalam sambutannya, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Teguh berharap, Landmark ICONNET di Kampung Inggris Pare dapat menjadi simbol semangat gotong royong yang terus tumbuh di masyarakat Pare sekaligus memperkenalkan kampung bahasa dan menjaga spiritnya agar terus bermanfaat bagi Indonesia.  

BACA JUGA:BPIP Minta Maaf Atas Pelarangan Hijab Bagi Paskibraka Putri

“Pembangunan landmark ini juga selaras dengan komitmen PLN Icon Plus untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini, mendukung Desa Tulungrejo yang menjadi tempat kampung bahasa berada. Sebagai informasi juga, Desa Tulungrejo, Pare, Kediri merupakan wilayah dengan pemasangan ICONNET tertinggi, yaitu 79% warganya sudah berlangganan ICONNET,” jelas Teguh.

Komitmen PLN Icon Plus mendapat apresiasi dari Pemkab Kediri. Sekda Kediri Mohammad Solikin berharap kolaborasi ini dapat berlanjut dan PLN Icon Plus bisa mendukung daerah dengan menghadirkan fasilitas internet yang bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi. 

“Kegiatan ini merupakan inisiasi atas hal baik yang bisa memberikan dampak positif secara optimal kepada masyarakat,” ujar Mohammad Solikin.

BACA JUGA:Motif KDRT Armor Toreador: Dihajar Karena Istri Tegur Nonton Video Porno 

PLN Icon Plus terus mengembangkan dan memperluas distribusi layanannya melalui pembangunan infrastruktur dan jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi bahwa PLN Icon Plus menghadirkan layanan internet yang andal dan terjangkau bagi masyarakat hingga di pelosok negeri melalui ICONNET. Tak terkecuali, di Kampung Pare. 

"Hadirnya layanan ICONNET di Kampung Pare merupakan wujud komitmen kami untuk membangun negeri melalui penyediaan layanan berbasis konektivitas, digitalisasi, dan green energy," ujar Ari. 

Hal tersebut sekaligus mencerminkan komitmen dan visi PLN Icon Plus dalam mendukung dunia pendidikan dan komunitas UMKM di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kediri. Sebagai informasi, tak kurang dari 60 pelaku UMKM dari berbagai desa turut serta dalam kegiatan yang dihadiri lebih dari 2500 pengunjung.

Kategori :