Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono Dianugerahi Bintang Mahaputera Nararya oleh Presiden Jokowi

Kamis 15-08-2024,07:38 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menerima penghargaan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Merdeka pada Rabu (14/08/2024). Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi luar biasa AHY dalam bidang pertanahan dan tata ruang di Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri AHY mengungkapkan rasa syukur dan tanggung jawab besar yang menyertai penghargaan ini.

"Sesungguhnya apa yang kita lakukan bukan demi sebuah penghargaan atau sebuah bintang. Tetapi tentu kita ingin bekerja semaksimal mungkin, saat ini saya sebagai Menteri ATR/Kepala BPN ingin juga terus fokus pada target-target pencapaian, terutama untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pertanahan dan tata ruang di Indonesia," ujar AHY seusai penyematan.

 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN AHY Hadiri Sidang Kabinet Paripurna di IKN, Bahas Pembangunan dan Transisi Pemerintahan

 

Bintang Mahaputera Nararya ini diberikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 Pasal 28, yang mengatur pemberian penghargaan kepada individu yang berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara.

Penghargaan ini juga mengakui pengabdian dan pengorbanan di bidang sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, dan bidang lainnya yang memberikan manfaat besar bagi bangsa dan negara.

Menteri AHY telah menunjukkan komitmen kuat dalam percepatan pendaftaran tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hingga tahun 2024, lebih dari 116 juta bidang tanah telah terdaftar dari target 120 juta bidang. Selain itu, AHY juga berhasil mempercepat implementasi layanan sertipikat tanah elektronik secara masif, dengan 396 Kantor Pertanahan yang telah mengadopsi layanan ini dalam lima bulan terakhir.

 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN AHY Hadiri Puncak Festival LIKE 2 Bersama Kabinet Indonesia Maju

 

Dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Kementerian ATR/BPN di bawah kepemimpinan AHY telah menyelesaikan 9 paket pengadaan tanah, dengan 4 paket dalam proses penyerahan hasil parsial dan 11 paket lainnya sedang dalam proses penyelesaian.

"Saya dan tentunya keluarga bersyukur atas penganugerahan Bintang Mahaputera Nararya yang tadi diserahkan secara langsung oleh Pak Presiden Joko Widodo dalam sebuah upacara yang penuh dengan kehormatan. Sekali lagi mudah-mudahan ini bisa tentunya menambah semangat," ucap AHY dengan penuh rasa syukur.

Kategori :