Ilmuwan Temukan Waduk Air Bawah Tanah di Mars yang Berpotensi Layak Huni

Rabu 14-08-2024,08:40 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar Disway - Para ilmuwan berhasil menemukan reservoir air bawah tanah yang sangat besar di Mars. Reservoir air bawah tanah itu berpotensi cukup guna mengisi lautan di permukaan planet keempat terdekat dengan matahari tersebut.

 

Penemuan mengejutkan itu diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences, Senin 12 Agustus 2024. Berdasarkan hasil penemuan, terungkap air terperangkap dalam retakan dan pori-pori kecil di bawah kerak Mars, yang terletak 7 sampai 12 mil (11,2 km-19,3 km) di bawah permukaan planet.

 

Vashan Wright ahli geofisika di Scripps Institution of Oceanography, University of California, San Diego, sebagai penulis utama kajian ini menekankan urgensi penemuan ini dalam sebuah pertanyaan.

 

BACA JUGA:Konflik Antar Suku di Somalia Picu 150.000 Orang Mengungsi Sejak Awal 2024

 

"Memahami sirklus air di Mars sangat penting untuk memahami evolusi iklim, permukaan dan interiornya. Titik awal yang berguna adalah mengidentifikasi di mana air berada dan berapa banyak yang ada," demikian mengutip dari Antara Jabar, Rabu (14/8).

 

Untuk mengidentifikasi lapisan kaya air di kerak dalam planet berjuluk 'planet merah' itu, para peneliti menggunakan data seismik dari pendarat InSight milik NASA, yang beroperasi sejak 2018 sampai 2022.

 

Profesor di University of California, Berkeley, Michael Manga, dan rekan penulis kajian tersebut, membahas implikasi penemuan ini pada potensi kelayakan huni di Mars.

 

BACA JUGA:KDCA Perkirakan Gelombang COVID-19 di Korea Selatan Akan Memuncak Akhir Agustus

Kategori :