Persiapan HUT RI ke-79, 500 Personel Gabungan Bersihkan Kawasan Monas

Jumat 09-08-2024,11:51 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Sebanyak 500 personel gabungan dikerahkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) untuk membersihkan kawasan luar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Langkah ini merupakan bagian dari persiapan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar dalam waktu dekat.

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, kegiatan bersih-bersih ini melibatkan petugas dari berbagai dinas seperti Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Bina Marga, Sumber Daya Air, Satpol PP, Pertamanan dan Kehutanan, serta Lingkungan Hidup. Bahkan, komunitas pengemudi delman turut berpartisipasi dalam aksi ini.

"Kami melibatkan sekitar 500 orang yang dibagi ke beberapa titik strategis. Selain untuk persiapan prosesi kirab bendera dari Monas, kegiatan ini juga mempersiapkan Monas sebagai lokasi upacara pada 17 Agustus nanti," ujar Dhany Sukma di kawasan Monas, Jumat.

 

BACA JUGA:Asperda Konfirmasi Pemesanan 100 Unit Mobil Alphard untuk Perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Begini Kata Mensesneg

 

Kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Monas, setelah sebelumnya dilakukan pada Minggu, 4 Agustus. Dhany juga mengungkapkan bahwa kebersihan Monas merupakan tanggung jawab bersama, mengingat Monas adalah ikon Jakarta dan Indonesia yang dikenal luas oleh masyarakat.

"Membersihkan trotoar, taman, saluran air, dan sampah di sekitar Monas bukan hanya sekedar aktivitas fisik, tapi juga sebagai pembelajaran dan penyadaran bagi kita semua agar menjaga kebersihan kota demi kehidupan yang lebih baik dan bahagia," jelas Dhany.

Selain membersihkan area luar Monas, aksi bersih-bersih ini juga menyasar kawasan Jalan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara, dan Jalan Medan Merdeka Selatan di Kecamatan Gambir.

 

BACA JUGA:IKN Siap Jadi Lokasi Upacara HUT ke-79 RI dengan Persiapan Optimal

 

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Slamet Riyadi, menambahkan bahwa pihaknya fokus membersihkan trotoar, jalur hijau, bahu jalan, halte, serta melakukan pemangkasan pohon. Untuk mendukung kegiatan ini, mereka mengerahkan berbagai kendaraan operasional, termasuk mobil lintas pengangkut sampah, panther, truk tayo, dan mobil penyapu jalan. Hasilnya, sebanyak tujuh meter kubik sampah berhasil diangkut.

Sebelumnya, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat juga telah melakukan pembersihan jaringan drainase di kawasan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara. Langkah ini diambil sebagai antisipasi jika terjadi hujan saat upacara HUT RI berlangsung.

Kategori :