5 Cara Membuat Batasan Diri Agar Dihargai Orang Lain

Minggu 11-08-2024,10:45 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Satu-satunya cara agar orang menghargai kita adalah dengan membangun atau membuat batasan diri. Batasan diri yang kita buat akan membuat orang mengerti apa yang kita sukai dan apa yang tidak kita sukai, sehingga mereka tidak akan bersikap semena-mena terhadap kita.

Jika tidak diajak, jangan ikut. Jika tidak diberi tahu, jangan kepo. Jika tidak didengarkan, jangan lanjutkan bicara. Jika tidak diprioritaskan, jangan prioritaskan balik. Jika tidak dilibatkan, jangan ikut campur. Jika tidak diminta, jangan berikan saran.

Hal-hal sederhana ini akan membuat kita jauh lebih tenang karena kita tidak melukai perasaan sendiri dan perasaan orang lain. Dengan membangun batasan diri, orang lain akan tahu bahwa kita tidak akan pernah takut kehilangan siapa pun, terutama orang-orang yang tidak menghargai batasan yang kita buat.

Cara Membuat Batasan Diri

 BACA JUGA:3 Cara Jitu Agar Orang Lain Lebih Menghargai Kita

1. Jangan Takut Kehilangan Teman

Benar, dengan membangun batasan-batasan ini kita mungkin akan kehilangan banyak orang. Kita akan kehilangan orang-orang yang tidak sesuai dengan kita atau tidak sesuai dengan kriteria kita. Namun, poinnya adalah kita akan kehilangan orang-orang yang tidak menghargai batasan kita dan privasi yang kita buat.

Berita baiknya, meski teman kita sedikit, teman yang sedikit itu adalah orang-orang yang benar-benar menghargai semua batasan yang kita buat. Lagipula, mengapa kita harus takut kehilangan orang, terutama mereka yang tidak menghargai batasan yang kita buat?

Yang kami pelajari, semakin dewasa kita, lingkaran pertemanan kita akan semakin mengecil. Artinya, lambat laun, pertemanan kita akan mengecil, dan memang seperti itulah dunia bekerja.

Dengan membuat batasan-batasan dalam pergaulan, alam semesta akan dengan sendirinya memfilter mana yang cocok dan mana yang tidak cocok, mana teman yang bisa diajak kerja sama dan mana yang tidak, mana teman yang memiliki visi yang sama dan mana yang tidak, serta mana teman yang menghargai nilai kita dan mana yang tidak.

Teruslah belajar untuk berkata tidak ketika kita benar-benar tidak ingin atau tidak bisa melakukannya. Ini terdengar simpel, tapi percayalah, bagi orang-orang yang terbiasa hidup untuk menyenangkan hati orang lain dan diterima, hal ini akan sangat sulit.

Ketika kita berhenti hidup untuk menyenangkan semua orang dan terbiasa berkata tidak untuk sesuatu yang tidak bisa kita lakukan, nantinya kita akan sadar bahwa kita bisa menjadi orang baik tanpa harus selalu mengiyakan permintaan orang lain.

2. Jangan Takut Mengatakan Tidak

Bagaimana caranya kita membangun rasa percaya diri sehingga kita bisa membangun batasan dan berani berkata tidak kepada orang lain tanpa takut kehilangan banyak teman? Kuncinya adalah kita harus memiliki rasa hormat pada diri sendiri (self-respect) dan menghargai diri sendiri.

Ketika kita mendahulukan orang lain dan mengabaikan diri kita sendiri, itu sama saja dengan tidak menghargai diri, waktu, dan talenta kita. Dengan demikian, kita tidak akan pernah menjadi orang yang disiplin terhadap semua jadwal yang telah kita rencanakan.

Contohnya, ketika hari libur kita sudah menjadwalkan waktu untuk bersama anak, istri, dan keluarga. Kita ingin bermain dengan anak-anak karena tidak punya waktu di hari kerja.

BACA JUGA:7 Sikap yang Membuat Pria Jatuh Cinta pada Wanita Karena Merasa Lebih Dihargai

Namun, tiba-tiba teman kita menelepon untuk mengajak nongkrong dan kita dengan mudahnya mengiyakan ajakan tersebut karena takut teman-teman itu tidak mau berteman lagi dengan kita.

Kategori :