AS Sapu Bersih Fase Grup di Olimpiade Paris 2024 Dengan Kemenangan Di Atas 100 Poin

Minggu 04-08-2024,09:48 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Tim bola basket Amerika Serikat menunjukkan dominasi mereka di babak penyisihan grup Olimpiade Paris 2024 dengan menyapu bersih tiga kemenangan yang seluruhnya mencetak poin di atas 100, dengan terakhir mengalahkan Puerto Rico 104-83 dalam laga di Pierre Mouray Stadium, Lille, Prancis, Minggu WIB.

LeBron James dan Anthony Edwards menjadi pahlawan dalam pertandingan ini untuk mengantar Amerika Serikat menyapu bersih kemenangan di Grup C dengan rekor sempurna 3-0, demikian dikutip dari laman FIBA.

Dilansir dari Antara, pertandingan yang berlangsung di hadapan penonton yang memenuhi stadion itu memperlihatkan ketangguhan tim Amerika Serikat, terutama pada kuarter kedua yang mengantarkan mereka unggul dengan selisih poin yang besar.

Setelah sempat tertinggal delapan poin pada kuarter pertama, Amerika Serikat berhasil membalikkan keadaan berkat penampilan cemerlang LeBron James.

LeBron yang pernah mengalami kekalahan dari Puerto Rico di Olimpiade Athena 2004, tampak bertekad untuk tidak mengulanginya. Pada kuarter kedua, dengan waktu tersisa empat menit, pelatih AS Steve Kerr meminta waktu dan memasukkan kembali LeBron ke lapangan.

Hasilnya, LeBron langsung memberikan tiga assist berturut-turut, dua dunk, dua lemparan bebas, dan satu assist lagi, mengumpulkan total enam poin dan empat assist dalam waktu singkat. Amerika Serikat menutup babak pertama dengan keunggulan 64-45.

Anthony Edwards melanjutkan dominasi Amerika Serikat di babak kedua dengan mencetak 26 poin hanya dalam kurun waktu 17 menit, membuatnya menjadi pemain dengan performa paling menonjol di pertandingan ini.

Edwards mencetak 11 poin dari 15 tembakan, sementara LeBron menyumbang 10 poin, delapan assist, dan enam rebound hanya dalam 18 menit bermain.

Strategi Amerika Serikat untuk bermain cepat dan memanfaatkan ukuran tubuh yang lebih besar terbukti efektif melawan pertahanan Puerto Rico yang lebih kecil. Mereka mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 30-20 dalam hal assist.

Meskipun Puerto Rico telah dipastikan tersingkir sebelum pertandingan ini, mereka tetap menunjukkan semangat juang tinggi, terutama di kuarter pertama dengan mencetak 29 poin. Pemain terbaik Puerto Rico Jose Alvarado mencetak 18 poin dalam 22 menit.

Pelatih Amerika Serikat yakni Steve Kerr mengungkapkan bahwa mereka akan fokus pada kemungkinan pertandingan melawan Brasil di perempat final. "Kami sudah melihat hampir semua tim, tapi belum melihat Brasil.

Mereka membuat 18 tembakan tiga angka kemarin, dan mereka adalah tim rebound ofensif terbaik di turnamen ini, jadi kami harus siap," ujarnya.

Catatan menarik dari pertandingan ini adalah Amerika Serikat mencetak lebih dari 100 poin untuk ke-58 kalinya di Olimpiade, rekor yang jauh di atas tim lain yang baru mencapainya 17 kali. Amerika Serikat akan melawan Brasil pada perempat final yang akan digelar pada Rabu (7/8/2024).

Kategori :