Meriahkan Hari Anak Nasional 2024: Bio Farma Gelar BioFest Imunisasi Lengkap Lindungi Generasi Hebat di 6 Kota

Senin 29-07-2024,10:52 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Bio Farma menyelenggarakan acara BioFest “Imunisasi Lengkap Lindungi Generasi Hebat” bekerja sama dengan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) di Gelanggang Mahasiswa USU Medan pada 27 Juli 2024. Acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. BioFest juga digelar di lima kota lainnya, yaitu Kupang, Makassar, Semarang, Bandung, dan Bali.

BioFest merupakan kegiatan Bio Farma untuk memperingati Hari Anak Nasional 2024 dengan rangkaian acara seperti talkshow tentang pentingnya imunisasi dan pemberian vaksin HPV. Acara ini diadakan di enam kota dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan melalui imunisasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pengendalian Penduduk & KB (DP3A & P2KB) kota Medan, Edliaty, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Medan berkomitmen melindungi anak-anak dan mempersiapkan mereka menjadi generasi sehat, cerdas, dan kuat menghadapi tantangan. Ia juga menekankan pentingnya pendidikan tentang internet yang cerdas, pemahaman nilai-nilai Pancasila, dan keberanian anak-anak untuk memperjuangkan hak mereka.

 

BACA JUGA:Bio Farma Dukung Pengembangan UMKM di PADI UMKM Hybrid EXPO & Conference 2024 dengan 10 Mitra UMKM Binaan

 

"Marilah kita tetap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada anak-anak. Dengan kolaborasi, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan penuh kasih. Anak-anak adalah harapan bangsa. Harapan Indonesia ada di tangan anak. Jadilah generasi cerdas yang beretika," tambahnya.

Kepala Departemen Komunikasi Pemasaran Bio Farma, Edwin Garna Pringadi, menyatakan bahwa kegiatan BioFest ini diadakan untuk memperingati Hari Anak Nasional. "Bio Farma memberikan 1.500 dosis vaksin kanker leher rahim kepada anak-anak perempuan usia 12 tahun ke atas pada gelaran BioFest di enam kota, yaitu Semarang, Kupang, Makassar, Bali, Bandung, dan Medan," ujarnya.

"Sesuai dengan tema peringatan Hari Anak Nasional 2024, 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju', melalui kegiatan pemberian imunisasi ini, para anak berhak memperoleh kehidupan yang lebih baik dengan terlindungi dari berbagai risiko penyakit," tambahnya. Edwin juga berharap bahwa peserta yang menerima dosis pertama akan melengkapi imunisasinya hingga dosis ketiga untuk mendapatkan perlindungan optimal dari virus kanker leher rahim.

Selain imunisasi HPV, acara ini juga dimeriahkan dengan talkshow edukasi kesehatan dan penampilan kreasi dari anak-anak. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melengkapi imunisasi, karena generasi hebat dimulai dari tubuh yang sehat.

 

BACA JUGA:Biofarma Resmi Launching Buku

 

Fandi Zulmi, Manajer Program PKPA Medan, mengungkapkan rasa terima kasih atas kolaborasi dengan Bio Farma untuk meningkatkan kesehatan generasi muda, khususnya di Medan. "Kami ucapkan terima kasih kepada Bio Farma sudah berkolaborasi pada peringatan Hari Anak Nasional di Medan. Ini merupakan peluang bagi generasi muda, khususnya remaja, untuk menjaga kesehatan mereka dengan imunisasi HPV," ungkap Fandi.

Dilansir dari halaman web Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud, tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Pemilihan tanggal ini diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. HAN merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi dalam menjamin pemenuhan hak anak, serta memberikan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Kategori :