Kaesang Pangarep Masuk Bursa Pilgub Jateng, Ganjar Pranowo: Dia Ketua Partai

Rabu 24-07-2024,16:06 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, kini menjadi salah satu kandidat potensial dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Kehadiran Kaesang dalam bursa calon tersebut memunculkan berbagai reaksi dan spekulasi.

Ganjar Pranowo, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), memberikan tanggapan mengenai hal ini, menyatakan bahwa karena Kaesang adalah seorang ketua partai, keputusan terkait pencalonannya akan ditentukan oleh partainya.

"Saya kira dia punya partai dan dia ketua partai, partainya yang akan menentukan," kata Ganjar Pranowo saat ditemui di kampus UGM Yogyakarta, Rabu (24/7/2024).

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode menyatakan bahwa PDIP saat ini masih dalam proses seleksi calon gubernur untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) di seluruh Indonesia, termasuk Jawa Tengah.

BACA JUGA:Klarifikasi Aboe Bakar Al Habsyi Terkait Usulan Jokowi soal Kaesang di Pilkada Jakarta 2024

"Kalau pilgub seluruh Indonesia sedang berproses, insyaallah akhir bulan ini mungkin secara bertahap akan mulai diumumkan termasuk Jakarta, Jabar, Jateng. Provinsi besar pasti seksi, yang semua orang ingin melihat semuanya," lanjut Ganjar.

Salah satu nama yang muncul dalam internal PDIP adalah Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa. Namun, belum ada keputusan mengenai provinsi mana Andika Perkasa akan maju sebagai calon gubernur.

"Belum sih, belum tahu nanti akan ditugaskan ke mana, termasuk beliau sendiri, kita pasti sedang kalkulasi karena dinamika politiknya sangat dinamis sekali," sambungnya.

Dengan berbagai dinamika yang terjadi, Pilgub Jateng diperkirakan akan menjadi ajang yang menarik untuk diikuti.

Kehadiran nama-nama baru seperti Kaesang Pangarep menunjukkan meningkatnya minat generasi muda dalam politik. Sementara itu, keputusan akhir dari PDIP akan menjadi faktor krusial dalam menentukan arah politik di Jawa Tengah ke depannya.

Kategori :