Jenazah Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz Diberangkatkan Menuju Pemakaman di Cisarua Bogor

Rabu 24-07-2024,15:37 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR – Jenazah Wakil Presiden Republik Indonesia yang ke-9, Hamzah Haz, telah diberangkatkan menuju tempat peristirahatan terakhirnya di makam keluarga yang terletak di daerah Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Proses pemberangkatan jenazah dilakukan setelah upacara shalat jenazah yang berlangsung di masjid yang terletak di depan rumah duka yang berada di kawasan Matraman, Jakarta, pada hari Rabu.

Sebelum jenazah diberangkatkan, dilakukan prosesi upacara militer sebagai bagian dari penghormatan terakhir. Upacara ini dilaksanakan setelah jenazah secara resmi diserahkan oleh pihak keluarga kepada pemerintah. Prosesi ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan penghormatan yang layak sebelum jenazah diberangkatkan.

Setelah seluruh rangkaian upacara selesai, jenazah kemudian diberangkatkan sekitar pukul 14.30 WIB."Kami keluarga ya mengikhlaskan semuanya, yang dicita-citakan bapak pun tentunya kami akan lanjuti," kata Putra Ke-4 Hamzah Haz, Nur Agus Haz di rumah duka.

BACA JUGA:Jenazah Hamzah Haz Dishalatkan di Masjid Dekat Rumah Duka, Dihadiri Banyak Tokoh Penting

Menurut informasi yang diberikan oleh Ketua Umum PPP, Mardiono, upacara pemakaman yang direncanakan akan dilaksanakan di makam keluarga tersebut dijadwalkan akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Jenazah tokoh bangsa yang sangat dihormati tersebut diangkut ke lokasi pemakaman menggunakan mobil jenazah yang disediakan oleh Komando Garnisun Tetap (Kogartap) TNI I/Jakarta. Selama perjalanan menuju lokasi pemakaman, keluarga dan kerabat almarhum turut hadir untuk mengiringi dan memberikan penghormatan terakhir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke rumah duka bersama dengan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilu 2024, Gibran Rakabuming Raka. Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah tokoh penting bangsa lainnya juga telah mulai berdatangan ke rumah duka. Di antara mereka terdapat Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-6, Try Sutrisno; Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-10 dan Ke-12, Jusuf Kalla; serta Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-11, Boediono.

BACA JUGA:Kemenag: Jamaah Yang Masih Dirawat di Saudi Dipantau Secara Berkala

Kemudian hadir pula sejumlah politisi turut hadir dalam acara tersebut. Di antara mereka, terdapat Mardiono yang merupakan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Oesman Sapta Odang yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura, dan Rahmat Gobel yang merupakan Wakil Ketua DPR Republik Indonesia.

Namun, Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, tidak dapat hadir secara langsung dalam acara ini. Sebagai penggantinya, Ahmad Basarah, yang merupakan kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), hadir mewakili beliau

Kategori :