3 Jenis Makanan yang Terbukti Secara Ilmiah Meningkatkan Pertumbuhan Rambut dan Mengatasi Kebotakan

Senin 22-07-2024,16:01 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Sudah mencoba berbagai jenis serum, krim, sampo, perawatan bahkan treatment untuk mengatasi rambut rontok namun tidak berhasil?

Kali ini, saya ingin berbagi tentang tiga jenis makanan yang terbukti secara ilmiah dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi kebotakan. Apa saja itu?. 

Jenis Makanan yang Terbukti Secara Ilmiah Meningkatkan Pertumbuhan Rambut dan Mengatasi Kebotakan

1. Cabe

Ya, ternyata capsaicin pada cabe selain memberikan rasa pedas juga bermanfaat untuk mengatasi kebotakan. Capsaicin dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang aksi IGF-1, faktor pertumbuhan rambut yang dapat mengaktifkan folikel rambut pada manusia.

Capsaicin ini tersedia dalam bentuk kapsul, sampo, hingga krim yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi kebotakan. Perhatikan teman-teman yang suka makan pedas, biasanya rambut mereka lebat, mungkin karena sering mengkonsumsi capsaicin setiap hari.

 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Makanan Alami untuk Mencegah Kerontokan dan Menyehatkan Rambut!

 

2. Kedelai

Capsaicin akan semakin efektif jika dikombinasikan dengan kedelai. Kedelai mengandung isoflavon, sumber protein alami yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut, mencegah kerontokan, dan mendorong akumulasi pertumbuhan rambut.

Dengan rutin mengkonsumsi 6 mg capsaicin ditambah 70 mg isoflavone kedelai setiap hari, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut, serta mencegah kerontokan.

Kalian bisa mulai rutin mengkonsumsi kedelai dalam bentuk susu, tahu, tempe, dan menambahkan cabe untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Menu paling mudah adalah penyetan tempe rebus, yang sudah mengandung capsaicin dari cabe dan isoflavon dari kedelai untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

BACA JUGA:Cara Merawat Alami Rambut Bercabang Akibat Sering Diwarnai

 

3. Biji Labu

Siapa yang sering makan labu tapi bijinya dibuang? Sayang sekali. Penelitian menunjukkan bahwa 76 pria yang diberikan dosis 400 mg minyak biji labu setiap harinya dalam kapsul selama 24 minggu mengalami peningkatan pertumbuhan rambut, mengatasi kebotakan, memperkuat struktur rambut, dan mengurangi kerontokan. Rata-rata peningkatan rambut menggunakan minyak biji labu ini sebanyak 10 hingga 40%.

Biji labu mengandung curcubitine, sejenis asam amino yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut.

Kategori :