13 Fakta Menarik Korea Selatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Jumat 19-07-2024,15:21 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Banyak nama keluarga umum ini berasal dari sejarah Korea pada masa pemerintahan kerajaan Silla, dari tahun 57 SM hingga 935 Masehi. Meskipun banyak orang Korea berbagi nama belakang yang sama, tidak semua di antara mereka memiliki hubungan darah.

5. Ibu Kota Operasi Plastik Dunia

Berbicara tentang fakta unik Korea Selatan, operasi plastik adalah salah satu yang paling terkenal. Sementara operasi plastik masih dianggap tabu di banyak negara Asia dan dunia Barat, di Korea Selatan hal ini sangat umum.

Banyak orang tua bahkan mendorong anak-anak mereka untuk menjalani operasi plastik sebelum memasuki universitas. Korea Selatan sangat menjunjung tinggi penampilan ala Kaukasia, sehingga banyak orang menjalani operasi untuk mendapatkan kelopak mata ganda, hidung yang lebih panjang, dan dagu yang lebih runcing.

BACA JUGA:7 Drama Korea Tentang Mafia, Seru Banget dan Penuh Aksi!

Penampilan ini dipopulerkan oleh selebritas Korea dan diikuti oleh banyak orang. Melakukan operasi plastik di Korea Selatan dianggap sama normalnya dengan pergi ke dokter gigi untuk memasang kawat gigi. Jadi, jangan heran jika sebagian besar orang Korea yang Anda temui telah menjalani operasi plastik.

6. Banyak Laki-laki Merias Diri

Di Korea Selatan, tidak jarang bagi laki-laki untuk memakai riasan, sama seperti perempuan. Industri kosmetik dan perawatan kulit di Korea sangat berkembang dan produk-produk mereka tidak hanya ditujukan untuk wanita.

Di Korea, semua orang ingin tampil terbaik. Laki-laki Korea sering menggunakan krim BB atau CC dan warna bibir merah muda untuk menjaga penampilan mereka. Tidak ada diskriminasi terhadap pria yang memakai riasan di Korea Selatan.

7. Tak Suka Berjenggot

Segala bentuk rambut wajah tidak disukai di Korea Selatan, kemungkinan besar karena orang Korea umumnya tidak memiliki banyak rambut wajah. Standar kecantikan untuk pria di Korea adalah memiliki kulit yang dicukur bersih dan tampak awet muda.

Seorang pria yang memiliki jenggot atau bulu dada di Korea Selatan sering dianggap tidak terawat. Fakta ini mungkin terdengar aneh, tetapi kenyataannya, memiliki rambut di wajah bahkan dapat menghalangi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan di Korea.

8. Angka 4 adalah Angka Sial

Di Asia Timur, angka 4 terdengar sangat mirip dengan kata untuk "kematian," sehingga angka ini dianggap sial. Itulah sebabnya banyak lift di mall atau hotel di Korea Selatan tidak memiliki nomor 4. Orang Korea bahkan cenderung menghindari menempatkan angka 4 dalam alamat mereka.

BACA JUGA: 5 Rating Terbaru Drama Korea di Bulan Juni 2024, Connection dan Bitter Sweet Hell Melonjak

Jika sebuah properti memiliki nomor 4, kemungkinan nilainya akan lebih rendah karena kepercayaan budaya bahwa angka 4 membawa nasib buruk.

9. Tinta Merah Simbol Kematian

Dalam budaya Korea, tinta merah digunakan untuk menulis nama orang yang sudah meninggal dan hampir tidak digunakan untuk keperluan lain.

Jika Anda berencana ke Korea, bawalah pulpen hitam atau biru, karena menggunakan tinta merah untuk menuliskan nama seseorang dapat disalahartikan sebagai niat buruk atau harapan agar seseorang meninggal.

10. Mengetahui Golongan Darah Seseorang adalah Hal Besar

Fakta ini mungkin mengejutkan, terutama jika Anda berasal dari luar Asia Timur, di mana golongan darah tidak terlalu diperhatikan. Namun, di Jepang dan Korea Selatan, golongan darah dianggap sebagai indikasi kepribadian seseorang.

Oleh karena itu, beberapa orang Korea juga memperhatikan kecocokan golongan darah saat berkencan atau mencari pasangan romantis.

11. Orang Korea 1 Tahun Lebih Tua Saat Lahir

Kategori :