13 Fakta Menarik Korea Selatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Jumat 19-07-2024,15:21 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR – Kali ini kami akan membahas apa saja fakta menarik Korea Selatan sebagai surganya dunia hiburan K-pop untuk seluruh dunia.

Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi wilayah selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara Korea Selatan berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948.

Laut Kuning terletak di sebelah barat, sementara Jepang berada di seberang laut Jepang dan Selat Korea terletak di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama "Hanguk" oleh penduduk Korea Selatan dan disebut "Nam Choson" oleh orang Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul.

Selain tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Korea Selatan juga menyimpan hal-hal unik yang mungkin belum Anda ketahui, seperti fakta bahwa penduduk negara tersebut lahir setahun lebih tua dan bahwa Korea Selatan merupakan negara dengan konsumsi alkohol tertinggi. Berikut adalah 13 fakta Korea Selatan yang mungkin belum banyak orang ketahui.

1. Budaya Minum Terbesar di Asia

Orang Korea sangat menyukai minum dan mengalahkan negara-negara Asia lainnya dalam hal konsumsi alkohol. Berdasarkan studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, warga Korea Selatan yang berusia di atas 15 tahun mengonsumsi rata-rata 10,9 liter alkohol per tahun.

Mereka merayakan hampir setiap liburan dengan soju, minuman beras fermentasi lokal dengan kandungan alkohol 19%. Namun, kadang-kadang mereka terlalu menikmatinya hingga ada yang mabuk berat.

BACA JUGA:7 Makanan Paling Populer di Jeju Korea, Apa Aja Sih?

Untungnya, restoran Korea dipersiapkan dengan baik untuk peminum berat dan menawarkan hajangguk, sup spesial yang membantu mengatasi mabuk.

2. Laki-laki Dimanjakan di Hari Valentine

Jika di seluruh dunia pada hari Valentine wanita yang dimanjakan, di Korea Selatan justru sebaliknya. Di sana, laki-laki yang memiliki pasangan dimanjakan dengan bunga dan cokelat.

Jadi, jika Anda seorang pria yang berencana pergi ke Korea Selatan bersama pasangan Anda pada hari Valentine, pergilah dan saksikan keajaibannya.

Korea Selatan juga memiliki hari istimewa bagi perempuan yang memiliki pasangan, yang disebut White Day. White Day, yang dirayakan pada 14 Maret setiap tahun, pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan hari Valentine.

3. Ada Hari Khusus untuk Lajang

Korea Selatan memiliki tradisi merayakan Hari Kasih Sayang yang mirip dengan Jepang, namun juga memiliki keunikan tersendiri. Korea Selatan menawarkan hari istimewa bagi para lajang, yaitu Black Day, yang dirayakan pada 14 April setiap tahun.

Black Day adalah saat orang Korea yang masih lajang berkumpul dengan mengenakan pakaian hitam dan makan jajangmyeon, yaitu mie yang dilapisi pasta kacang hitam. Bahkan ada kontes makan jajangmyeon di mana para lajang dapat menenggelamkan kesedihan mereka dan mendapatkan hadiah jika mereka keluar sebagai pemenang.

Pada hari ini, kafe-kafe merasakan peningkatan penjualan kopi hitam, dan layanan perjodohan juga diduga memanfaatkan hari suram nasional ini.

4. 20% Orang Korea Memiliki Nama Keluarga yang Sama

Nama keluarga yang paling umum di Korea Selatan adalah Kim, yang digunakan oleh sekitar 10,6 juta orang sebagai nama belakang. Nama-nama umum lainnya termasuk Lee, Park, Cho, dan Jung.

Kategori :