11 Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Sehat? Simak Selengkapnya Disini!

Kamis 18-07-2024,14:58 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Brokoli, baik dimasak maupun dijadikan jus, mengandung serat tinggi yang membantu menurunkan kolesterol tinggi dan mendetoksifikasi tubuh secara alami.

8. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya melindungi tubuh dari infeksi, tetapi juga dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan mencegah penyumbatan darah.

9. Okra

Okra kaya akan serat yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Dalam setiap 100 gram porsi Okra, terkandung 3,2 gram serat.

10. Sayur Kacang-Kacangan

Buncis dan kacang panjang mengandung lemak tak jenuh ganda dan serat tinggi, serta rendah lemak dan kalori, yang efektif dalam menurunkan kolesterol jahat.

11. Terong

Terong mengandung serat tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Satu cangkir terong seberat 94 gram mengandung 2,4 gram serat.

Selain sayuran, ada juga makanan lain yang bisa membantu menurunkan kolesterol seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberry, dan ikan. Mengombinasikan sayuran dengan makanan lainnya dapat memberikan nutrisi beragam yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan mengonsumsi sayuran-sayuran ini dan menggabungkannya dengan gaya hidup sehat, kita bisa menjaga kadar kolesterol dalam batas yang sehat dan mencegah berbagai penyakit berbahaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk hidup lebih sehat (*).

Kategori :