11 Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Sehat? Simak Selengkapnya Disini!

Kamis 18-07-2024,14:58 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Kolesterol merupakan lemak esensial yang dibutuhkan tubuh, namun kadar yang terlalu tinggi dapat memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

Salah satu cara untuk mengontrol kolesterol adalah dengan mengonsumsi sayuran yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Berikut adalah 11 sayuran yang bisa menjadi pilihan. 

Rekomendasi Sayuran Penurun Kolesterol

1. Wortel

Wortel mengandung serat seperti selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna, sehingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Bayam

Sayuran hijau gelap seperti bayam sangat efektif dalam menurunkan kolesterol berkat kandungan lutein dan karotenoid yang menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

 

BACA JUGA:8 Cemilan Sehat yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi! Kamu Sudah Tau?

 

3. Kale

Kale memiliki kandungan serat, lutein, dan karotenoid yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengikat asam empedu, sehingga tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol.

Kale adalah salah satu sayuran hijau yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol. Kale, yang mirip dengan bayam, kaya akan nutrisi penting yang membuatnya menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung dan mengontrol kolesterol. 

4. Lobak

Lobak, yang satu keluarga dengan wortel, mengandung serat tinggi yang membantu menormalkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit gula darah serta tekanan darah tinggi.

5. Kentang

Kentang kaya akan serat larut yang bisa membentuk gel dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Makan kentang bersama kulitnya untuk mendapatkan manfaat serat maksimal.

 

BACA JUGA:Penyebab Kolesterol Cepat Naik dan Cara Mengatasinya

 

6. Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 10% jika dikonsumsi tiap hari.

7. Brokoli

Kategori :