PLN Icon Plus Dorong Pengembangan Smart Kabupaten Melalui Infrastruktur Digital dan Energi Hijau

Rabu 17-07-2024,10:46 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

JAKARTA – Dalam era digital yang terus berkembang, pembangunan infrastruktur digital dan energi hijau menjadi kebutuhan penting bagi semua kabupaten di Indonesia. PLN Icon Plus mengambil langkah besar untuk mendorong terwujudnya Smart Kabupaten melalui infrastruktur yang terintegrasi.

Pada acara APKASI 2024 di Jakarta dengan tema "Mendorong Smart Kabupaten melalui Infrastruktur Digital & Green Energy yang Terintegrasi," PLN Icon Plus menegaskan komitmen kuatnya dalam mendukung transformasi digital dan transisi energi hijau di tingkat daerah.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan bahwa transformasi PLN Icon Plus menjadi Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) merupakan sebuah langkah strategis.

Transformasi ini tidak hanya mencakup perubahan struktur, tetapi juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menyediakan solusi Beyond kWh yang terintegrasi, mencakup Connectivity, Digital, dan Green Energy.

BACA JUGA:Kolaborasi PLN Icon Plus Menuju Transformasi Energi Hijau dan Elektrifikasi Kendaraan di Indonesia

"Kami tidak hanya berfokus pada penyediaan konektivitas, tetapi juga pada pengembangan solusi digital dan energi hijau yang dapat mendukung program strategis nasional," ujar Ari Rahmat Indra Cahyadi.

PLN Icon Plus berperan aktif dalam meningkatkan dan pemerataan penetrasi koneksi internet di seluruh Indonesia. Salah satu pencapaian yang membanggakan adalah keberhasilan mengubah Pulau Lepar menjadi pulau pertama yang 100% terhubung dengan ICONNET.

Langkah ini menghadirkan koneksi internet  ke setiap sudut pulau, sehingga mempermudah akses untuk pendidikan, membuka peluang ekonomi baru, serta mempromosikan pariwisata lokal.

Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari komitmen PLN Icon Plus untuk menghadirkan layanan internet berkualitas tinggi hingga berbagai wilayah di Indonesia.

BACA JUGA:Hasil dari Patroli, PLN Icon Plus melakukan perapihan Kabel Fiber Optik di Subang

Pertumbuhan ICONNET yang signifikan juga mendapatkan pengakuan internasional. Untuk pertama kalinya, PLN Icon Plus dinobatkan sebagai Broadband Telecom Company of The Year oleh Asian Telecom pada tahun 2024.

Penghargaan ini menjadi bukti atas upaya keras dan dedikasi perusahaan dalam menyediakan layanan telekomunikasi terbaik. Selain itu, PLN Icon Plus juga mencatat sejarah sebagai penyedia backbone internet fiber optic pertama di Timor Leste pada Oktober 2023.

Pengembangan Smart City diarahkan pada integrasi digitalisasi dan green city, termasuk Green Urban Planning, Advanced Waste Management, Smart Energy, dan Advanced Water Management.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan energi terbarukan, PLN Icon Plus turut mendorong program dunia menuju Zero Emisi Karbon. PLN Icon Plus bertekad untuk membangun konsep Smart & Green yang berlandaskan infrastruktur jaringan, digitalisasi, dan green energy yang terintegrasi dan efisien.

BACA JUGA:PLN Icon Plus bersama Diskominfo Kabupaten Subang berkolaborasi melakukan pembenahan dan penataan Kabel Fiber

Kategori :