15 Fakta Keliru Tentang Geografi, Salah Satunya Ternyata Gurun Terbesar Ada di Antartika

Senin 15-07-2024,16:54 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Sungai Amazon adalah sungai terlebar di dunia, tapi bukanlah sungai terpanjang di dunia. Sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil.

8. Negara dengan Piramida Terbanyak

Piramida Giza tidak terletak di tengah gurun pasir, tapi hanya 17 km dari kota Kairo atau sekitar 30 menit perjalanan. Negara dengan piramida terbanyak bukanlah Mesir, tapi Sudan.

Sudan memiliki lebih dari 200 piramida, sedangkan Mesir hanya memiliki 138 piramida. Piramida terbesar di dunia bukanlah Piramida Giza, tapi Piramida Cholula yang berada di Meksiko.

BACA JUGA:5 Negara dengan Kekayaan Alam Paling Melimpah di Dunia

9. Afghanistan dan Pakistan

Jika kalian mengira Afghanistan dan Pakistan adalah negara Timur Tengah, maka kalian salah karena kedua negara ini adalah bagian dari Asia Selatan.

10. Greenland dan Islandia

Iceland memiliki arti "daratan es," tapi wilayahnya tampak lebih hijau. Sebaliknya, Greenland memiliki arti "tanah hijau," tapi 80% wilayahnya ditutupi oleh es. Walaupun letak geografis Greenland berada di Benua Amerika Utara, negara ini adalah bagian dari kekuasaan Kerajaan Denmark.

Sebenarnya, wilayah Greenland tidak sebesar Benua Afrika, tapi hanya seukuran dengan wilayah Kongo. Bahkan, luas Benua Afrika hampir dua kali lebih besar dari luas Rusia. Kanada bukanlah negara terbesar di dunia, melainkan Rusia.

11. Negara dengan Penduduk Terbanyak

Negara dengan jumlah populasi terbanyak bukan lagi Cina, tetapi India. Negara dengan luas wilayah terbesar ketiga bukanlah Cina, tetapi Amerika Serikat karena ada Alaska.

Jika kita melihat dari peta, Amerika hanya berbatasan dengan Kanada dan Meksiko, tapi sebenarnya juga berbatasan laut dengan Kuba, Bahama, dan Rusia. Oleh karena itu, jarak Rusia dengan Amerika tidaklah jauh, hanya sekitar 3,8 km saja. Kita bahkan dapat melihat Rusia dari Alaska.

12. Kepulauan Maladewa

Maladewa terkenal sebagai tempat liburan yang mewah, tapi tidak semua pulau di negara ini terbentuk secara alami. Ada beberapa pulau yang dibuat oleh manusia.

BACA JUGA:7 Hewan Paling Pintar di Dunia, Otaknya Mirip Manusia!

Kita semua tahu bahwa pohon dan tumbuhan adalah penghasil oksigen, tapi apakah kalian tahu bahwa penghasil oksigen terbanyak di bumi berasal dari laut?

13. Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung Everest bukanlah gunung tertinggi di dunia, tetapi Gunung Mauna Kea yang berada di Hawaii. Tingginya mencapai 10.210 meter, namun 6.000 meter di antaranya berada di bawah permukaan laut.

14. Gurun Terbesar di Dunia

Gurun terbesar di dunia bukanlah Gurun Sahara, melainkan Antarktika. Menurut ahli meteorologi Jonathan Wille, gurun adalah wilayah yang memiliki curah hujan kurang dari 9,8 inci (25 sentimeter) per tahun. Tidak semua wilayah di dunia menerima hujan.

Wilayah Dry Valleys di Antarktika tidak pernah hujan hampir selama 2 juta tahun. Banyak yang mengira Antarktika hanya memiliki satu zona waktu, tapi ternyata ada 9 zona waktu di Antarktika.

Selain itu, ada juga yang mengira penguin dan beruang kutub hidup berdampingan, padahal tidak. Beruang kutub hanya hidup di Kutub Utara, sedangkan penguin hanya hidup di Kutub Selatan.

15. Madagaskar

Kategori :