15 Fakta Keliru Tentang Geografi, Salah Satunya Ternyata Gurun Terbesar Ada di Antartika

Senin 15-07-2024,16:54 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Ini adalah tentang kesalahpahaman geografi. Jika kalian pecinta geografi, mungkin kalian sudah tahu fakta yang salah ini, tapi mungkin ada juga dari kalian yang belum tahu.

Geografi adalah ilmu yang mempelajari semua aktivitas manusia dan alam serta interaksi antara keduanya dari perspektif ruang sehingga membentuk pola ruang tertentu.

Beberapa fakta keliru tentang geografi ini bisa menjelaskan kepada kalian bagaimana fakta yang seharusnya.

1. Wilayah Inggris Bukan Hanya Inggris

Jika kalian menyebut wilayah ini sebagai Inggris saja, maka kalian salah. Nama yang benar adalah Britania Raya yang terdiri dari Skotlandia, Inggris, Wales, dan Irlandia Utara. Jika Irlandia Utara dihilangkan, maka namanya akan menjadi Britania.

2. Amerika

Selanjutnya, kalian pasti sering menyebut negara Amerika Serikat sebagai Amerika, tapi nama yang benar adalah Amerika Serikat, yang biasa disebut USA atau AS. Sebenarnya, Amerika adalah benua yang dibagi menjadi dua yaitu Benua Amerika Utara dan Benua Amerika Selatan.

BACA JUGA:Nadiem Makarim Buka Olimpiade Geografi Internasional di Kota Bandung

Namun, tahukah kalian bahwa tidak semua orang setuju dengan konsep tujuh benua? Di Amerika Latin, hanya ada lima benua di mana Amerika Utara dan Selatan digabungkan dan Antarktika tidak termasuk.

Selain itu, ada juga yang menganggap Afrika adalah negara, tapi sebenarnya Afrika adalah benua. Mungkin kalian mengira Asia adalah benua dengan negara terbanyak, tapi sebenarnya Afrika memiliki 54 negara yang diakui.

3. Belanda Bukan Holland

Menyebut Belanda tidak salah karena menurut KBBI, Belanda berarti orang atau bangsa yang mendiami Netherlands. Yang salah adalah jika kalian menyebut negara ini sebagai Holland karena Holland adalah dua provinsi di Belanda.

Ini mirip seperti Bali yang biasa dianggap oleh orang luar negeri sebagai negara, padahal Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia.

4. Jumlah Negara di Eropa

Menurut PBB, ada 44 negara di Eropa. Namun, jika kita menghitung setiap negara yang berada di Eropa, maka akan ada 50 negara termasuk Turki, Siprus, Azerbaijan, Georgia, Armenia, dan Kosovo.

WHO juga menghitung Kazakhstan, Kirgizstan, Uzbekistan, dan Turkmenistan sebagai bagian dari Eropa, yang berarti Eropa memiliki 54 negara.

5. Ibu Kota Negara yang Sering Keliru

Wow, ibu kota Australia bukan Sydney, tapi Canberra. Ibu kota Uni Emirat Arab bukan Dubai, tapi Abu Dhabi. Ibu kota Brasil bukan Rio de Janeiro, tapi Brasília. Ibu kota Turki bukan Istanbul, tapi Ankara.

6. Ibu Kota Afrika Selatan

Cape Town hanyalah salah satu dari tiga ibu kota Afrika Selatan. Negara ini memiliki tiga ibu kota yaitu Cape Town, Pretoria, dan Bloemfontein.

Kemudian, wilayah Mesir tidak seluruhnya berada di benua Afrika, tapi sebagiannya berada di benua Asia. Ini sama seperti Panama, Turki, Rusia, dan Kazakhstan yang merupakan negara lintas benua.

7. Sungai Amazon

Kategori :