219 PJUTS Aspirasi Diah Nurwitasari Terangi 31 Kecamatan di Kabupaten Bandung

Rabu 19-06-2024,21:26 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Anggota Komisi VII DPR-RI Dr. Dipl. Ing. Hj. Diah Nurwitasari, M.I.Pol menggelar acara Peresmian dan Serah Terima Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di GOR Sauyunan Desa Ciherang.

Acara yang digelar sebagai simbolisasi telah rampungnya proses pembangunan ratusan unit PJUTS di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ini berlangsung sederhana namun cukup meriah karena diawali dengan pagelaran budaya tari Jaipong dan pertunjukan Pencak Silat dari masyarakat sekitar kantor Desa Ciherang Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung.

Pada kesempatan itu Kementerian ESDM yang diwakili oleh Ir. Senda Hurmuzan Kanam, M.Sc sebagai Direktur Renbang Infrastruktur KESDM mengungkapkan bahwa PJUTS ini salah satu bentuk teknologi canggih, “PJUTS ini adalah salah satu program energi baru terbarukan yang awalnya diterapkan pada pesawat ruang angkasa yang kemudian diadaptasi untuk menyediakan listrik bagi masyarakat yang daerahnya belum terjangkau jaringan kabel listrik PLN.” Ungkap Ir. Senda dalam sambutannya.

“Alhamdulillah Kementerian ESDM sejak tahun 2015 hingga 2023 sudah membangun 135.719 unit PJUTS atau setara dengan menerangi jalan sepanjang 6.785 km di seluruh wilayah Nusantara.” Pejabat Kementerian ESDM ini menambahkan.

Kementerian ESDM juga mengapresiasi Komisi VII DPR RI dan pemerintah daerah, "Terima kasih kepada Komisi VII DPR RI dalam hal ini khususnya Ibu Diah Nurwitasari atas kolaborasinya selama ini dalam menghadirkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Juga kepada jajaran pemerintah daerah baik itu Kabupaten Bandung maupun Pemprov Jawa Barat yang ikut mendukung program ini." ucap Dirrenbang KESDM ini. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Diah Nurwitasari sebagai anggota Komisi VII DPR RI, "Alhamdulillah selama kurang lebih dua setengah tahun saya menjabat sebagai wakil rakyat sudah 500 PJUTS kami bangun atas kerjasama dengan Kementerian ESDM, 219 titik di antaranya ditempatkan di Kabupaten Bandung." Diah mengawali sambutannya. 

"Semua titik PJUTS ini dibangun berdasarkan permintaan masyarakat kepada saya dan tim yang kemudian diverifikasi kelayakannya oleh pihak pemerintah. Dan alhamdulillah atas kerjasama semua pihak terkait PJUTS ini mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat." Aleg perempuan PKS ini menambahkan. 

"Untuk PJUTS yang tahun 2023 belum tuntas, alhamdulillah atas perjuangan kami di DPR RI di tahun 2024 ini akan dirampungkan hingga menyala. Terima kasih karena itu semua juga berkat dukungan dari Kementerian ESDM." imbuh Doktor Ilmu Pemerintahan ini. 

"Saya harap kita semua mampu merawat PJUTS ini dengan baik agar manfaatnya bisa dirasakan lebih lama oleh masyarakat banyak. Jika nanti ada PJUTS yang mati dan masih masa garansi segera laporkan, agar segera diperbaiki." pungkas Diah Nurwitasari penuh harap. 

Acara ini juga dihadiri oleh para tokoh masyarakat dan unsur pemerintah setempat. Terlihat di antaranya ada purnabakti Gubernur Jabar Dr. Ahmad Heryawan, Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Bandung Ir. Kawaludin, dan Kepala Desa Ciherang Taofik Mukti Ismail. (nD)

Kategori :