10 Cara Mengatur Uang Ala Orang Kaya, Lakukan Jika Ingin Sukses!

Selasa 04-06-2024,08:34 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Apakah kalian pernah merasa bahwa uang cepat sekali habis? Rasanya baru saja gajian, tetapi dompet sudah menipis lagi. Kami akan membongkar bagaimana cara mengatur uang ala orang kaya.

Padahal, kalian yakin tidak boros dan sudah mengatur pengeluaran dengan baik. Mungkin ada yang salah dengan pola pengeluaran kalian.

Meskipun penghasilan dua digit, jika tidak pintar mengatur belanja, hasilnya tetap saja sama seperti penghasilan standar lainnya.

Oleh karena itu, hari ini kami ingin berbagi cara cerdas membelanjakan uang supaya uang kalian tidak habis begitu saja, tetapi bisa memberikan keuntungan dan menambah aset untuk jangka panjang.

10 Cara Orang Kaya Mengatur Uang

Berikut kamu bisa mengetahui bagaimana cara orang kaya mengatur keuangan agar kondisi finansial tetap stabil.

1. Belanja untuk Pendidikan

Banyak yang bilang pendidikan itu mahal, padahal pendidikan adalah investasi yang paling penting dan berharga dalam hidup kalian. Dengan membelanjakan uang untuk pendidikan, kalian sebenarnya sedang menanamkan modal untuk masa depan.

BACA JUGA:Orang Paling Miskin Bukan yang Uangnya Sedikit, Ini 5 Level Kemiskinan yang Sebenarnya

Ilmu dan keterampilan yang kalian dapatkan bisa menjadi senjata andalan untuk meraih sukses. Pernah dengar kutipan "Investasi yang memberikan bunga paling tinggi adalah investasi di pengetahuan”. Ya, benar sekali.

Dengan berinvestasi dalam pendidikan, kalian sedang menabung untuk masa depan. Mungkin hasilnya tidak bisa dirasakan langsung sekarang, tetapi pada waktunya, semua yang sudah kalian keluarkan untuk mengembangkan diri dan kemampuan akan kembali kepada kalian berkali-kali lipat. Setuju, bukan?

2. Belanja untuk Kesehatan

Kalian pasti sering mendengar slogan ini: "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." Oleh karena itu, belanja untuk kesehatan tidak kalah penting dibandingkan investasi pendidikan atau lainnya. Jika tubuh kita sehat, kita bisa menjalankan aktivitas harian dengan maksimal dan tentunya lebih produktif.

Investasi untuk kesehatan bisa berupa apa saja, salah satunya asuransi. Mungkin bagi sebagian orang, membayar premi asuransi tiap bulan terasa membebani, padahal dengan memiliki asuransi yang baik, kalian bisa lebih tenang karena tahu jika terjadi sesuatu, sudah ada yang menanggung biayanya.

Selain asuransi, belanja untuk kesehatan juga bisa dimulai dengan menjalankan gaya hidup sehat. Mulailah dengan memperbaiki pola makan, jangan jajan sembarangan, usahakan konsumsi makanan bergizi seimbang, dan jangan lupa berolahraga yang cukup.

Percayalah, dengan gaya hidup sehat, kalian sebenarnya sedang mengurangi risiko terkena penyakit, yang berarti kalian juga sedang meminimalisir pengeluaran untuk berobat di kemudian hari.

3. Belanja untuk Investasi Masa Depan

Bagi yang masih muda, mungkin menabung atau berinvestasi untuk masa depan terdengar seperti sesuatu yang jauh sekali. Padahal, semakin muda kalian memulai, semakin besar kesempatan untuk memiliki masa depan finansial yang lebih cemerlang.

Kalian bisa mulai dengan menabung untuk dana darurat terlebih dahulu. Mengapa? Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Setelah dana darurat mencukupi, saatnya untuk investasi jangka panjang, baik itu ke reksa dana, saham, atau mungkin membeli properti.

Kategori :