7 Dampak Positif dari Memiliki Sikap Kompetitif, Bisa Bikin Orang Semakin Termotivasi?

Sabtu 25-05-2024,18:05 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

 

  1. Terpacu untuk Jadi Lebih Produktif

Produktivitas kerja seseorang dan organisasi juga bisa meningkat jika adanya sikap kompetitif. Orang yang kompetitif bisa terpacu berkeinginan untuk meningkatkan performa.

 

Modal keinginan tersebut membantu pribadi kompetitif jadi lebih efektif perihal time management atau pengelolaan waktu dan sumber daya, sekaligus meningkatkan kualitas pekerjaan.

 

  1. Bisa Menguatkan Mental

Sikap kompetitif dibutuhkan untuk membantu seseorang punya mental yang kuat alias bermental baja. Berkat adanya sikap kompetitif, Anda bisa terpacu untuk bekerja keras dan berjuang sehingga ingin terus maju dan berkembang jadi lebih baik.

 

Kekuatan mental dibutuhkan oleh setiap individu agar tidak buntuk saat dalam kondisi yang buruk. Orang-orang pun membutuhkan sikap kompetitif supaya bisa memikirkan berbagai rencana ke depan dengan matang.

 

  1. Memberikan Rasa Enggan Kalah dari Kompetitor di Bidang yang Sama

Persaingan atau kompetisi sangat identik dengan dunia pekerjaan di mana setiap orang bersaing menjadi yang terbaik. Apapun bidangnya, apalagi di bidang yang sama, seseorang sangat penting untuk memiliki sikap kompetitif.

 

Dengan memiliki sikap kompetitif, Anda jadi selalu berusaha keras untuk memberikan yang terbaik dalam setiap kegiatan maupun pekerjaan. Hal ini tentu dilakukan karena mereka tidak ingin kalah dari pesaing-pesaingnya.

 

Rasa enggan kalah ini tentu akan membantu individu jadi tidak mudah menyerah yang memungkinkan peluang mencapai tujuan akan lebih besar.

 

  1. Bisa Mengasah Logika dan Empati

Adanya sikap kompetitif pun bisa melatih logika dan empati seseorang. Melalui sikap ini, logika Anda jadi lebih mengalir saat mengutarakan pendapat di ‘muka umum’, seperti jadi sadar untuk tidak asal berpendapat karena mungkin bisa menyakiti hati orang lain.

Kategori :