Review Spesifikasi Acer Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan yang Canggih

Rabu 24-01-2024,14:20 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Acer Aspire Vero memang berani berbeda dengan menjadi laptop yang menggunakan bahan daur ulang di sebagian besar komponen laptopnya, sehingga bodinya terbuat dari bahan daur ulang plastik. Sasisnya juga berasal dari limbah plastik, dan bahkan warnanya adalah warna asli dari limbah plastik tersebut, tanpa dilakukan pengecatan. Packagingnya juga terbuat dari material daur ulang.

Namun, jangan meremehkan laptop ini karena di balik penggunaan material daur ulang plastiknya, terdapat kualitas pembangunan, performa, dan pengalaman pengguna yang berkualitas tinggi. Kami akan memberi review Acer Aspire Vero secara lengkap mulai dari desain hingga performa.

Satu hal yang unik adalah keyboard laptop ini, di mana huruf "r" dan "e" sengaja dibalik untuk mempertegas konsep daur ulang yang diusung, yaitu reduce, reuse, dan recycle.

Meskipun awalnya mungkin terlihat seperti kesalahan produksi, sebenarnya huruf "r" dan "e" tersebut sengaja dibalik untuk mendukung konsep daur ulang. Pada bagian bodinya, terdapat detail pos consumer recycle (PCR) yang menegaskan bahwa laptop ini merupakan laptop ramah lingkungan yang menggunakan material dari plastik daur ulang.

Review Spesifikasi Acer Aspire Vero

Berikut adalah ulasan lengkap Acer Aspire Vero yang merupakan laptop ramah lingkungan yang canggih dengan semua keunggulannya.

Desain

Hasilnya cukup memuaskan, dengan laptop ini memiliki tampilan unik dan warna yang khas. Permukaannya memiliki tekstur matte dan terasa kokoh. Desainnya yang kotak dan frame yang datar menambah kesan kokoh sekitar 30% dari seluruh sasis dan bezel layar yang terbuat dari bahan PCR.

BACA JUGA:6 Laptop Touchscreen Populer dengan Fitur Canggih dan Desain Menarik!

Semua komponen ini, termasuk keyboard caps yang terbuat 50% dari bahan PCR, menunjukkan komitmen pada keberlanjutan lingkungan. Bahkan touchpadnya menggunakan Ocean glass yang juga terbuat dari plastik daur ulang, diambil dari sisa sampah plastik di lautan.

Keseluruhan, material dan desain Acer Aspire Vero memberikan kesan yang menarik dan berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan.

Dari segi desain dan materialnya, meskipun terlihat besar dan fokus, sebenarnya laptop ini masih sangat portable karena beratnya hanya satu setengah kilogram. Layarnya berukuran 14 inci dengan panel IPS dan resolusi full HD, menampilkan detail warna dan kontras rasio yang baik.

Layar

Layarnya sangat baik untuk ukuran ini, warnanya terlihat hidup dengan tingkat ketajaman yang tinggi. Layar ini mencakup 100% sRGB dengan refresh rate 60Hz. Waktu penggunaan untuk nonton memberikan kualitas gambar yang sangat baik, baik untuk browsing teks maupun gambar yang terlihat tajam.

Dapur Pacu

Saat digunakan untuk bermain game, layar ini terlihat sangat mumpuni. Performa laptop ini sudah bersertifikasi Intel Evo platform, yang berarti telah lolos memenuhi syarat-syarat ketat dari Intel Evo platform, termasuk responsif di mode baterai, kemampuan wake instan kurang dari 1 detik, daya tahan baterai selama 9 jam atau lebih, koneksi cepat dengan Thunderbolt 4, dan dukungan WiFi 6a.

Prosesornya menggunakan Intel Core i5 generasi ke-12 dengan total 10 core, terdiri dari dua performance core dan 8 efficient core. Prosesor ini mampu memproses 12 thread dengan frekuensi maksimal 4,4 GHz. Dipadukan dengan GPU Intel Iris Xe, RAM dual channel 8 GB LPDDR4x, dan SSD NVMe 512 GB yang dapat di-upgrade dengan mudah. Sistem operasinya menggunakan Windows 11 Home Single Language.

Dari hasil benchmark PCMark 10, laptop ini memperoleh skor tinggi untuk aktivitas esensial, produktivitas, dan pembuatan konten digital. Jadi, laptop ini kuat di ketiga area tersebut.

Performa Gaming

Untuk gaming, skornya tidak se tinggi di tiga area lainnya, hal ini bisa dimaklumi karena GPU yang digunakan merupakan GPU terintegrasi. Namun, kita akan mencoba mengevaluasi performanya secara nyata. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, GPU Intel Iris Xe ini memiliki performa yang baik untuk gaming casual. Hasil dari 3DMark dengan Time Spy menunjukkan skor yang sangat baik, mencapai 1444 pada GPU tertinggi.

Kategori :