Kaya Protein! 7 Manfaat Luar Biasa dari Tempe yang Jarang Diketahui

Selasa 02-01-2024,09:52 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR - Tempe, produk fermentasi kedelai yang telah menjadi bagian integral dari makanan tradisional di Indonesia, bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tujuh manfaat luar biasa dari tempe yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Tempe adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Kandungan protein tempe setara dengan daging, dan bahkan disertai dengan semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Oleh karena itu, tempe adalah pilihan fantastis bagi vegetarian dan vegan untuk memenuhi kebutuhan protein harian mereka.

 

2. Probiotik untuk Kesehatan Usus

Sebagai produk fermentasi, tempe mengandung bakteri baik atau probiotik. Probiotik ini berperan penting dalam menjaga kesehatan usus dengan mengoptimalkan flora bakteri.

Mereka membantu mencerna makanan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan melawan pertumbuhan bakteri berbahaya.

 

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Alpukat, Dapat Mencegah Pikun?

 

3. Kaya Akan Nutrisi Penting

Tempe bukan hanya sumber protein, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin B, zat besi, kalsium, dan fosfor.

Kandungan ini membantu meningkatkan energi, memperkuat tulang, dan menjaga kesehatan sel-sel darah merah.

 

4. Menurunkan Kolesterol

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi tempe secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan serat, protein, dan senyawa bioaktif dalam tempe bekerja sama untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), menjaga kesehatan jantung.

 

BACA JUGA:7 Buah-Buahan yang Mampu Menurunkan Kolesterol

 

5. Menyokong Kesehatan Tulang

Tempe kaya akan mineral penting seperti kalsium dan fosfor yang esensial untuk kesehatan tulang. Kalsium mendukung pembentukan dan pemeliharaan tulang, sedangkan fosfor berperan penting dalam pembentukan struktur tulang dan gigi.

 

6. Mencegah Anemia dengan Zat Besi yang Tinggi

Zat besi dalam tempe lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan sumber zat besi nabati lainnya. Konsumsi tempe secara teratur dapat membantu mencegah anemia, mengoptimalkan produksi sel darah merah, dan meningkatkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

 

BACA JUGA:Cara Membuat Roti Tawar Kukus di Rumah dengan Bahan Sederhana

 

7. Mendukung Pengendalian Diabetes

Tempe memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti karbohidrat dalam tempe diubah menjadi glukosa dengan lambat.

Hal ini membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba, mendukung pengendalian diabetes, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Tags : #tempe
Kategori :