10 Tempat Wisata Alam Paling Indah di Yogyakarta, Pemandangan Menakjubkan

Sabtu 02-12-2023,11:24 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Lokasi ini juga dilengkapi dengan wahana lift setinggi 100 meter yang membawa pengunjung ke Tumpeng Ayu. Dibuka resmi pada Mei 2021, Tumpeng Menoreh didirikan oleh musisi terkenal Indonesia, yaitu Erin Sukamti.

Lokasinya berada di Desa Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk Tumpeng Menoreh adalah Rp50.000 per orang, sudah termasuk voucher makan senilai Rp25.000 yang dapat ditukarkan di restoran. Tempat ini buka 24 jam, dengan waktu terbaik menjelang matahari terbit dan terbenam.

4. HEHA Ocean View

HEHA Ocean View merupakan objek wisata populer untuk menikmati keindahan Laut Selatan Yogyakarta. Tempat ini menawarkan pemandangan laut selatan dari tepi tebing yang tinggi, dengan berbagai spot foto yang instagramable.

Terletak di Balong Kiri, Karto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. HEHA Ocean View juga menyediakan fasilitas glamping camping, di mana wisatawan yang menginap bisa menikmati pemandangan laut selatan saat bangun tidur.

Untuk fasilitas camping, dapat dipesan melalui platform pemesanan kamar online dengan tarif mulai dari Rp750.000 per malam. Harga tiket masuk HEHA Ocean View bervariasi tergantung hari dan waktu. Pada hari Senin hingga Jumat, pukul 9 pagi hingga 3 sore, tiket masuk Rp15.000 per orang.

Sedangkan pada jam 3 sore hingga 8 malam, tiket masuk Rp20.000 per orang. Untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam dengan harga tiket masuk Rp20.000 per orang.

5. HEHA Sky View

Menikmati pemandangan Daerah Istimewa Yogyakarta dari ketinggian merupakan salah satu pengalaman wisata yang sayang jika dilewatkan. Salah satu lokasi terbaik untuk melihat panorama kota Gudeg dari ketinggian adalah HEHA Sky View, yang terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dari Tugu Yogyakarta, jaraknya sekitar 21,7 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Tempat wisata di Gunung Kidul ini buka dari pukul 10 pagi hingga 9 malam, Senin-Jumat, dan mulai beroperasi pada jam 8 pagi hingga 9 malam pada Sabtu dan Minggu. Harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang.

6. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon menawarkan dua pemandangan alam sekaligus, yaitu perbukitan dan pantai. Lokasinya terletak di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya di area hutan Purwodadi Tepus.

Bukit Pengilon merupakan pilihan tepat bagi yang mencari tempat wisata di Jogja dengan pemandangan yang sangat indah. Wisatawan yang datang biasanya memilih berkemah untuk menikmati pemandangan lantaran tempatnya yang masih terpencil dan akses jalannya cukup sulit, terutama saat hujan.

7. Desa Wisata Kaki Langit

Yogyakarta juga memiliki desa wisata yang menawarkan berbagai kuliner tradisional khas kota budaya. Kuliner tradisional yang bisa dicoba di tempat ini antara lain gudeg Manggar, nasi tiwul, dan lainnya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, disarankan datang pada pagi hari, mulai pukul 7 pagi hingga 12 siang WIB, meskipun dibuka hingga 24 jam.

BACA JUGA:5 Wisata Curug Paling Populer di Cimahi, Terpukau dengan Keindahan Alamnya

Namun, pada sore hari atau malam hari, makanan sudah banyak yang habis. Lokasi desa wisata ini tidak hanya menawarkan kuliner, tetapi juga pengalaman budaya yang unik.

8. Goa Pindul

Jika sahabat wisata mencari tempat wisata di Jogjakarta dengan pemandangan indah, wisata alam Gunung Pindul bisa menjadi pilihan yang tepat. Destinasi wisata Yogyakarta ini berada di Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, dan sangat populer di kalangan penyuka aktivitas di luar ruangan.

Wisata alam Gunung Pindul memiliki wahana andalan, yaitu menyusuri gua dengan ban pelampung panjang. Goa Gunung Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter, dan saat menyusuri aliran sungai di dalam goa, ada bagian yang sangat sempit dan bagian yang luas.

Kategori :