Manfaat Yoghurt Bagi Pencernaan, Kesehatan Usus dan Nutrisi yang Optimal

Senin 20-11-2023,11:03 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Pencernaan yang sehat adalah kunci utama bagi kesejahteraan tubuh manusia.

Salah satu makanan yang telah dikenal bermanfaat untuk sistem pencernaan adalah yoghurt. Yoghurt adalah produk susu fermentasi yang mengandung bakteri baik, terutama probiotik, yang dapat memberikan sejumlah manfaat besar bagi kesehatan pencernaan seseorang.

 

Berikut adalah manfaat yoghurt bagi pencernaan:

 

1. Probiotik untuk Keseimbangan Bakteri Usus

Yoghurt mengandung probiotik, yaitu mikroorganisme hidup yang memberikan manfaat kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Probiotik ini bekerja dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

Bakteri baik ini, seperti lactobacillus dan bifidobacterium, membantu melawan bakteri berbahaya, mencegah pertumbuhan berlebihan, dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh.

2. Peningkatan Fungsi Usus

Yoghurt membantu meningkatkan fungsi usus dengan menyediakan serat dan bakteri baik. Serat dalam yoghurt membantu mencegah sembelit dan menjaga kelembutan tinja.

Di samping itu, bakteri baik membantu mengurai makanan, memastikan penyerapan nutrisi yang optimal, dan mempromosikan gerakan peristaltik usus yang sehat.

3. Mengurangi Risiko Gangguan Pencernaan

Konsumsi yoghurt secara teratur telah terkait dengan pengurangan risiko beberapa gangguan pencernaan. Probiotik dalam yoghurt dapat membantu melawan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare infeksi, kolitis, dan bahkan sindrom iritasi usus (IBS).

Mereka juga dapat membantu mengatasi peradangan dalam usus, memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit usus.

4. Penyerapan Nutrisi yang Lebih Baik

Yoghurt membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam sistem pencernaan. Probiotik membantu mencerna makanan, memecah nutrisi menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh usus.

Dengan meningkatkan efisiensi pencernaan, yoghurt dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, mendukung kesehatan secara keseluruhan.

5. Pencegahan Alergi Makanan

Konsumsi yoghurt pada masa awal kehidupan dapat membantu mencegah perkembangan alergi makanan pada anak-anak.

Probiotik dalam yoghurt dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah reaksi alergi makanan yang berlebihan. Ini dapat menjadi langkah pencegahan yang penting untuk mendukung kesehatan usus anak dan mencegah masalah pencernaan di masa depan.

6. Menjaga Keseimbangan Mikrobiota Vaginal pada Wanita

Bagi wanita, yoghurt juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan vaginal. Beberapa jenis yoghurt mengandung bakteri baik yang mirip dengan yang ada dalam vagina.

Kategori :