7 Memilih Pupuk yang Tepat untuk Tanaman di Rumah Agar Tumbuh dengan Baik!

Senin 06-11-2023,12:07 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar - Merawat tanaman di rumah adalah hobi yang sangat memuaskan. Tanaman hias tidak hanya menambah keindahan ruangan Anda, tetapi juga memberikan udara segar dan keseimbangan ekosistem dalam rumah.

Salah satu aspek penting dalam merawat tanaman adalah pemilihan pupuk yang tepat. Tanaman memerlukan nutrisi untuk tumbuh dengan baik, dan berikut adalah beberapa jenis pupuk yang cocok untuk tanaman di rumah Anda.

Memilih Pupuk yang Tepat untuk Tanaman di Rumah

1. Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah salah satu jenis pupuk organik yang paling umum digunakan. Pupuk ini berasal dari kotoran hewan ternak atau unggas seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, dan ayam.

Pupuk kandang mengandung unsur hara yang sangat diperlukan oleh tanaman, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium.

Pupuk kandang mudah ditemukan dan relatif murah. Penggunaan pupuk kandang yang baik dapat meningkatkan kesuburan tanah dan kualitas tanaman Anda.

2. Pupuk Hijau:

Pupuk hijau berasal dari pelapukan tanaman. Jenis tanaman yang sering diolah menjadi pupuk hijau adalah tanaman leguminosa atau kacang-kacangan dan tanaman air.

Tanaman ini mengandung nitrogen yang tinggi dan mudah terurai dalam tanah. Pupuk hijau adalah pilihan organik yang bagus untuk meningkatkan kandungan nitrogen dalam tanah Anda.

Selain itu, mereka dapat meningkatkan struktur tanah dan memperbaiki drainase.

3. Pupuk Kompos:

Pupuk kompos adalah pupuk yang dihasilkan dari pelapukan bahan organik. Pelapukan ini terjadi melalui proses biologi dan aktivitas organisme pengurai.

Pupuk kompos mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium.

Selain memberikan nutrisi, pupuk kompos juga membantu meningkatkan struktur tanah dan kapasitasnya untuk menyimpan air.

 

BACA JUGA:10 Tips Memelihara Tanaman di Rumah Agar Subur dan Sehat

Kategori :