Panduan Lengkap Menghitung Tinggi Badan dan Berat Badan Ideal

Jumat 27-10-2023,10:09 WIB
Reporter : Eka Nuryanti Dewi
Editor : Eka Nuryanti Dewi

 

4. Perhitungan Frame Tubuh

Beberapa orang memiliki tubuh yang lebih besar atau lebih kecil secara alami karena faktor genetik. Pengukuran frame tubuh dapat membantu menentukan apakah tinggi badan Anda ideal.

Anda dapat mengukur pergelangan tangan dan mencocokkannya dengan tabel standar yang ada untuk menilai apakah Anda memiliki frame tubuh yang besar, sedang, atau kecil.

 

BACA JUGA:Tips Efektif untuk Meningkatkan Tinggi Badan, Simak Yuk!

 

Berat Badan Ideal

Berat badan ideal seseorang juga dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk tinggi badan, jenis kelamin, usia, dan komposisi tubuh. Untuk menghitung berat badan ideal, Anda dapat menggunakan beberapa metode berikut:

 

1. Rumus Broca

Untuk pria: Berat badan ideal (kg) = (Tinggi badan - 100) Untuk wanita: Berat badan ideal (kg) = (Tinggi badan - 104)

Ini adalah rumus sederhana yang memberikan perkiraan berat badan ideal berdasarkan tinggi badan Anda. Namun, ini hanya memberikan perkiraan kasar dan tidak mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti komposisi tubuh.

 

2. Rumus Hamwi

Rumus Hamwi memberikan perkiraan berat badan ideal yang lebih akurat. Untuk pria: Berat badan ideal (kg) = (Tinggi badan - 152) x 1,1 Untuk wanita: Berat badan ideal (kg) = (Tinggi badan - 152) x 0,9

 

3. Perhitungan Persentase Lemak Tubuh

Persentase lemak tubuh yang sehat berkisar antara 10% hingga 20% untuk pria dan 18% hingga 28% untuk wanita. Jika Anda ingin mencapai berat badan ideal, penting untuk mempertimbangkan persentase lemak tubuh Anda. Jika Anda memiliki persentase lemak tubuh yang tinggi, Anda mungkin perlu menurunkannya dengan menggabungkan diet sehat dan olahraga.

 

4. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Terakhir, konsultasi dengan seorang profesional kesehatan atau nutrisionis adalah langkah yang bijak jika Anda ingin menentukan berat badan ideal Anda. Mereka dapat melakukan evaluasi yang lebih komprehensif dan memberikan panduan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Kategori :