Kenali 10 Bahaya Minum Es Teh Saat Makan

Selasa 17-10-2023,11:04 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR - Es teh merupakan minuman yang populer di seluruh dunia, terutama saat cuaca panas. Rasanya yang segar dan penyegar tenggorokan membuat es teh menjadi pilihan favorit bagi banyak orang.

Namun, kebiasaan minum es teh saat makan tidak selalu baik untuk kesehatan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bahaya-bahaya yang mungkin timbul akibat minum es teh saat makan.

 

1. Mengganggu Proses Pencernaan

Salah satu bahaya utama minum es teh saat makan adalah gangguan pada proses pencernaan. Minuman dingin bisa menghambat produksi enzim pencernaan dalam lambung, yang diperlukan untuk mencerna makanan dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman, mulas, dan sulit mencerna makanan.

 

2. Menyebabkan Kram Perut

Es teh yang dingin dapat menyebabkan kontraksi otot lambung, yang dapat memicu kram perut atau kembung. Ini bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu kenyamanan selama makan.

 

BACA JUGA:Nyeri Saat Haid? Coba Konsumsi 6 Minuman Pereda Nyeri Haid Ini!

 

3. Menyebabkan Gangguan Sistem Saraf Pencernaan

Minuman dingin seperti es teh dapat memberikan dampak buruk pada sistem saraf pencernaan. Ini dapat mengganggu koordinasi gerakan usus dan menimbulkan sembelit atau diare.

 

4. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Minum es teh saat makan dapat menghambat penyerapan nutrisi dari makanan. Suhu dingin dari es teh bisa membuat saluran pencernaan mengerut, menghambat penyerapan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

 

5. Meningkatkan Risiko Infeksi Tenggorokan

Minum es teh saat makan dapat meningkatkan risiko infeksi tenggorokan. Suhu dingin dari es teh dapat menyebabkan peradangan tenggorokan, terutama jika tenggorokan terpapar makanan panas.

 

6. Gangguan pada Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan bekerja dengan efisien pada suhu tubuh yang normal. Mengonsumsi minuman es saat makan dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan, yang dapat mengganggu proses alami pencernaan.

 

7. Mengganggu Fungsi Usus Besar

Kategori :