Resep Sponge Cake Lembut, Mudah, Anti Gagal dan Bisa Dicoba Dirumah!

Jumat 13-10-2023,11:31 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Ingin mencoba sponge cake lembut? Kami akan menyajikan resep sponge cake lembut anti gagal yang bisa dicoba dirumah.

Sponge cake adalah salah satu kue yang populer di seluruh dunia karena teksturnya yang ringan dan lembut. Kue ini cocok disajikan dalam berbagai jenis acara seperti perayaan ulang tahun, pesta, atau bahkan hanya sebagai camilan di sore hari.

Untuk membuat sponge cake yang lembut, lezat dan anti gagal ada beberapa langkah penting yang perlu diketahui. Dalam artikel ini, kami akan membahas resep sponge cake lembut yang mudah dan anti gagal dan bisa dicoba dirumah.

Bahan

  • 4 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ekstrak vanili
  • 50 gram margarin atau mentega, dilelehkan

Cara Membuat 

Panaskan Oven dan Siapkan Loyang

Sebelum membuat adonan sponge cake, anda bisa terlebih dahulu memanaskan oven pada suhu 180°C. Namun, anda juga bisa memanaskan oven setelah membuat adonan sponge cake, tergantung jenis oven yang anda gunakan.

Olesi permukaan loyang dengan margarin atau mentega. Selain itu lapisi loyang dengan kertas roti untuk mencegah adonan menempel.

BACA JUGA:Tips n Trik dan Resep Cara Membuat Kue Salju Anti Gagal, Enak dan Gampang Dibuat Dirumah!

Ayak Bahan Kering

Campur tepung terigu, baking powder, dan garam menjadi satu. Kemudian, ayak campuran ini agar tidak ada gumpalan ataupun kutu yanng berasal dari terigu.

Kocok Telur dan Gula

Masukan telur dan gula pasir kedalam sebuah mangkuk besar. Kemudian, kocok telur dan gula pasir hingga adonan menjadi pucat, mengembang, dan berjejak ketika spatula diangkat.

Tambahkan Ekstrak Vanili

Untuk membuat sponge cake wangi, anda bisa menambahkan ekstrak vanili. Tambahkan ekstrak vanili ke dalam adonan telur dan gula, lalu aduk rata.

BACA JUGA:Resep dan Panduan Cara Membuat Kue Lapis Legit yang Lezat, Mudah Simpel!

Tambahkan Tepung Bertahap

Masukkan campuran tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam adonan telur secara bertahap. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga semuanya tercampur dengan baik.

Pastikan anda untuk tidak terlalu banyak mengaduk agar adonan tetap ringan.

Tambahkan Margarin Cair

Setelah adonan tercampur, tuangkan margarin cair yang sudah dilelehkan ke dalam adonan dan aduk perlahan hingga rata.

Tuang ke Loyang dan Oven

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan dan ratakan permukaannya.

Panggang dalam Oven

Panggang adonan kedalam oven yang telah dipanaskan selama sekitar 25-30 menit atau hingga permukaan sponge cake berwarna keemasan dan ketika disentuh, kue kembali ke bentuk semula.

Keluarkan dari Oven dan Dinginkan

Kategori :