Radar Jabar -Suzuki RE5 adalah salah satu motor yang paling mencolok dalam sejarah industri sepeda motor.
Diluncurkan oleh Suzuki dari tahun 1974 hingga 1976, Suzuki RE5 memiliki fitur utama yang membuatnya sangat unik - mesin Wankel satu rotor berpendingin cairan.
Artikel ini akan menjelaskan berbagai aspek menarik dari Suzuki RE5, dari mesin hingga desain, performa, dan sejarah produksinya.
Mesin Wankel Satu Rotor
Salah satu fitur paling mencolok dari Suzuki RE5 adalah mesin Wankel satu rotor yang dimilikinya. Mesin ini berpendingin cairan dan mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 62 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 74,5 Nm pada 3.500 rpm.
Mesin Wankel dikenal karena desainnya yang unik yang menggantikan mesin piston tradisional dengan rotor yang berputar dalam ruang bakar. Mesin ini memberikan performa yang halus dengan karakteristik torsi yang sangat baik.
BACA JUGA:Baru! Suzuki Avenis 125: Motor Matic Unik dengan Fitur Canggih dengan Mesin Gahar, Segini Harganya!
Desain Styling yang Khas
Suzuki RE5 memiliki desain yang sangat khas dengan sejumlah detail styling yang mencolok. Salah satu fitur menonjol adalah kluster instrumen berbentuk "kaleng" yang memberikan tampilan futuristik pada motor ini.
Lampu belakang dengan motif "kaleng" dan lampu sein berbentuk bola juga menjadi ciri khas desainnya. Suzuki RE5 adalah salah satu motor yang memiliki tampilan yang sangat unik pada masanya.
Performa yang Unik
Meskipun Suzuki RE5 memiliki tenaga yang lebih rendah dibandingkan dengan motor Suzuki GT750 pada saat itu, mesin Wankel pada Suzuki RE5 memiliki torsi yang sangat baik dan umumnya beroperasi secara halus.
Namun, ada beberapa getaran yang dapat dirasakan pada sekitar 4.000 rpm. Selain itu, konsumsi bahan bakar rata-ratanya adalah 37 mpg-imp (7,6 L/100 km; 31 mpg-US), yang cukup efisien untuk motor performa pada masanya.