10 Makanan Pembakar Lemak yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Kamis 28-09-2023,19:06 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Tidak hanya kopi, tetapi juga teh hijau mengandung kafein. Selain itu, teh hijau juga mengandung katekin yang berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan pembakaran lemak.

Meminum teh hijau secara teratur setiap hari dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Namun, tidak semua orang akan merasakan efek yang sama saat mengonsumsinya. Jika Anda sudah terbiasa dengan kafein, efeknya mungkin tidak akan bekerja secara maksimal.

4. Greek Yogurt

Greek Yogurt berbeda dari yogurt biasa. Yogurt Yunani mengandung lebih banyak protein, kalium, dan kalsium. Seorang peneliti bernama Angelo Tremblay dari Universitas Laval yang telah mempelajari manfaat yogurt mengatakan bahwa yogurt yang kaya protein dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak.

Jenis Yoghurt ini juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan protein dalam yogurt juga dapat membantu tubuh membangun otot selama proses penurunan berat badan.

5. Ikan

Seperti kata Bu Susi, mereka yang tidak makan ikan akan kehilangan banyak manfaat. Ikan ternyata dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan, yang dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuh.

Menurut UNJ dan Journal of Clinical Nutrition, asam lemak omega-3 juga telah terbukti mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Jenis ikan yang dapat membantu membakar lemak termasuk sarden, salmon, makarel, dan ikan berlemak lainnya.

6. Telur

Telur adalah sumber protein yang tinggi. Bahkan, telur dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 20-30 persen selama beberapa jam setelah dimakan.

Sarapan dengan telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan proteinnya. Karena proses pencernaan telur memerlukan waktu yang lebih lama, hal ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Hal ini juga disebutkan dalam sebuah studi dari jurnal Nutrition bahwa sarapan dengan telur berdampak pada pengendalian nafsu makan dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral.

7. Cuka Apel

Cuka apel memang menarik perhatian banyak orang, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Cuka apel termasuk dalam bahan tradisional yang telah digunakan sejak lama.

Di dalam cuka apel terdapat kandungan yang disebut asam asetat. Shoji Sakakibara, seorang peneliti dari Biochemical dan Biophysical Research Communication, menyatakan bahwa asam asetat dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanan lemak di perut.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cuka apel juga tidak boleh berlebihan. Menurut penelitian, cukup dua sendok sebelum makan besar setiap hari.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak paling bermanfaat dalam dunia kuliner. Minyak zaitun telah terbukti menurunkan kadar trigliserida dan merangsang pelepasan GLP-1, yaitu hormon yang membantu menjaga perasaan kenyang.

BACA JUGA:10 Olahraga Kardio yang Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit, Ternyata Ada Naik Turun Tangga Termasuk!

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Salah satu penelitian berjudul "The Acute Effects of Olive Oil" yang ditulis oleh Soares M. J.

9. Kacang Polong

Kategori :