Vespa Siluro: Skuter Bersejarah yang Mencetak Rekor Kecepatan yang Jadi Incaran Kolektor! Segini Harganya!

Jumat 22-09-2023,14:55 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar - Pada tahun 1951, Piaggio menciptakan sebuah skuter yang akan mencatatkan namanya dalam sejarah dunia otomotif. 

Skuter tersebut adalah Vespa Siluro, yang dirancang dengan satu tujuan utama: memecahkan rekor kecepatan di jalur sepanjang 1 kilometer.

Vespa yang satu ini begitu sangat bernilai dan juga menjadi incaran para kolektor barang antik dan juga mahal karena desain dan jumlah produksinya begitu terbatas di seluruh dunia. Menurut beberapa sumber Skuter yang satu ini hanya diproduksi 600 unit saja. 

Berikut adalah beberapa informasi menarik tentang Vespa Siluro berdasarkan berbagai sumber:

Desain Revolusioner

Vespa Siluro memiliki desain yang sangat aerodinamis dengan bodi ramping dan roda belakang yang tertutup. Desain ini dibuat khusus untuk mengurangi hambatan udara dan meningkatkan kecepatan.

Mesin Vespa Standar dengan Modifikasi

Meskipun menggunakan mesin Vespa standar, Vespa Siluro mengalami beberapa modifikasi untuk meningkatkan kecepatannya. Ini mencakup pengoptimalan performa mesin dan pengurangan berat.

 

BACA JUGA:Vespa New PX 150: Vespa Modern Bermesin 2-Tak dengan 5 Pilihan Warna Mewah, Segini Top Speed-nya

 

Rekor Kecepatan yang Luar Biasa

Pada tanggal 9 Februari 1951, Vespa Siluro berhasil memecahkan rekor kecepatan di jalur 1 kilometer dengan mencapai kecepatan luar biasa sebesar 171,1 km/jam. Prestasi ini menjadikan Vespa Siluro sebagai salah satu skuter tercepat dalam sejarah.

Prestasi di Sirkuit Monthlery, Prancis

Tidak hanya memecahkan rekor di jalur 1 kilometer, Vespa Siluro juga berhasil mencetak beberapa rekor kecepatan lainnya di sirkuit Monthlery di Prancis. Ini menunjukkan bahwa Vespa Siluro bukan hanya sekadar skuter cepat dalam jarak pendek, tetapi juga mampu berprestasi di sirkuit yang lebih panjang.

Kategori :