RADAR JABAR - India meluncurkan motor sport keren dengan harga murah, cocok bagi yang ingin tampil keren, yaitu TVS Apache RTR 310 yang telah rilis pada Rabu 6 September 2023 kemarin di Thailand.
TVS Apache RTR 310 tidak hanya memiliki lebih banyak tenaga, tetapi juga dilengkapi dengan lebih banyak fitur. Dalam hal penanganan, gaya berkendara juga berbeda secara signifikan.
Generasi terbaru dari Apache 310 RR, yang merupakan hasil dari kerja sama dengan BMW Motorrad, menampilkan desain yang sangat dinamis dan tajam. Selain itu, sepeda motor ini menggunakan rangka tubular yang mirip dengan motor-motor Eropa, seperti seri KTM Duke.
Review TVS Apache RTR 310
Desain
Pertama-tama, kita akan bahas review TVS Apache RTR 310 dalam hal desain, Anda akan menemukan garpu depan KYB dan suspensi belakang KYB. Kini, baik depan maupun belakang dapat disesuaikan. Satu-satunya perbedaan adalah di bagian depan, di mana Anda memiliki penyesuaian untuk preload, rebound, dan kompresi.
Sedangkan di bagian belakang, Anda hanya memiliki penyesuaian untuk preload dan kompresi saja. Penyesuaian untuk preload dan rebound hanya berlaku untuk kompresi. Ini adalah fitur yang sangat unik.
Desain lampu depan TVS Apache RTR 310 semuanya baru dengan tambahan DRL (Daytime Running Lights). Lampu depan ini juga dilengkapi dengan sistem pencahayaan cerdas yang dilengkapi dengan sensor. Jadi, pada dasarnya, lampu akan menyala sendiri saat mesin menyala, seperti yang Anda lihat sekarang.
Intensitas lampu depan juga akan bervariasi tergantung pada kecepatan motor. TVS mengklaim bahwa ini adalah lampu depan terbaik di kelasnya.
Ketika berkendara di malam hari, pencahayaan darri motor ini sangat baik karena semua pencahayaan menggunakan teknologi LED. Selain itu, sepeda ini dilengkapi dengan satu set ban yang sangat baik.
Anda akan mendapatkan lima ban Michelin yang sangat andal. Kami telah melihat bahwa kinerjanya sangat baik. Ban depan memiliki lebar 110, sementara ban belakang memiliki lebar 150. Semua roda ini baru, dengan delapan jari-jari, dan lebih ringan dibandingkan dengan RR310, sehingga meningkatkan kualitas berkendara.
Ketinggian tempat duduk sekarang lebih rendah, hanya 790 mm, dibandingkan dengan 810 mm pada RR310. Ini akan membuatnya lebih mudah bagi pengendara yang lebih pendek untuk berkendara, karena ketinggian tempat duduk telah diturunkan. Posisi tempat duduk juga telah diubah sedikit, sehingga tidak seagresif seperti pada RR310.
Mesin
Sekarang, dalam hal desain tatanan mesin TVS Apache RTR 310, gaya di sini berbeda karena semua fairing telah dihilangkan. Anda akan melihat panel-panel ini di sini, radiator di sini, dan garis-garis rem yang telah diperbarui.
Berdasarkan review pengguna TVS Apache RTR 310 asal India, tenaga yang dihasilkan TVS Apache RTR 310 adalah 35,6 PS pada 9700 RPM dan torsi mencapai 28,7 Newton meter pada 6650 RPM. Ketinggian jok lebih rendah, dan seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, sepeda motor ini dilengkapi dengan banyak fitur elektronik, termasuk sistem pemantauan tekanan ban, yang merupakan fitur unik untuk segmen ini.
Semuanya telah dirancang dengan sangat baik untuk mencocokkan merek TVS. Anda juga akan melihat penutup kepala di sisi kanan. Rangka teralis tetap digunakan, meskipun bagian ini telah digunakan bersama dengan RR310. Bagian penutup subframe aluminium semuanya baru, ringan, dan terasa sangat premium.
Apache RTR 310 lebih cocok untuk penggunaan di jalan raya. Ini adalah perbedaannya dalam hal desain jok. Saat ini, seperti yang Anda lihat, terdapat tangki scoop dan ceruk yang dirancang dengan baik, sehingga memberikan ruang yang nyaman bagi lutut pengendara.
Perlu diingat, ini adalah varian berwarna kuning fury, yang merupakan versi paling mahal dalam lini produk.