Ini 9 Makanan Bernutrisi yang Bisa Membantu Menambah Tinggi Badan, Termasuk Ubi Jalar

Kamis 31-08-2023,16:04 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar – Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi bisa menjadi salah satu cara untuk membantu Anda menambah tinggi badan. Makanannya pun beragam, berikut beberapa makanan bernutrisi yang bisa membantu menambah tinggi badan termasuk ubi jalar.

 

Nutrisi dan asupan gizi memang berdampak pada pertumbuhan tulang serta tinggi badan, selain juga faktor genetik.

 

Ada peran penting dari mengonsumsi makanan yang seimbang dalam pertumbuhan serta perkembangan sepanjang masa kanak-kanak. Bahkan berdasarkan studi pada 2016 dilansir dari cnnindonesia.com, nutrisi merupakan faktor paling penting yang memengaruhi tinggi badan.

 

Jika ingin menambah tinggi badan dengan cara mengonsumsi makanan, catat daftarnya. Inilah sembilan makanan bernutrisi yang bisa membantu menambah tinggi badan.

 

1. Almond

Jenis kacang satu ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, almond tinggi akan serat, magnesium, dan mangan, hingga bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

 

BACA JUGA:12 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari bagi Pengidap Asam Lambung Tinggi

 

2. Kedelai

Di nomor dua ada kedelai, yang kaya akan karbohidrat, folat, protein, dan serat, untuk membuat kebutuhan nutrisi seseorang terpenuhi. Makan berprotein tinggi satu ini berfungsi membangun massa tulang serta kepadatan jaringan guna menambah tinggi badan.

 

3. Ubi Jalar

Ubi jalar tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan mata. Salah satu makanan tradisional ini mampu meningkatkan kesehatan tulang dan membantu peningkatan tinggi badan karena kaya akan vitamin A.

 

4. Sayuran Hijau

Sejumlah sayuran hijau seperti kangkong, kubis, bayam, dan arugula memiliki banyak kandungan nutrisi. Vitamin K adalah salah satunya, nutrisi yang mampu meningkatkan kepadatan tulang guna mendukung peningkatan pertumbuhan.

 

5. Ikan

Mengonsumi ikan juga bisa membantu anak agar tumbuh lebih tinggi mengingat hewan ini kaya akan vitamin D. Kombinasikan mengonsumsi ikan dengan produk susu untuk meningkatkan kepadatan tulang dan membuatnya lebih sehat. Konsumsi ikan yang disarankan yaitu minimal tiga kali seminggu.

 

BACA JUGA:5 Makanan Sehat dari Buah Pisang, Gampang Banget Bikinnya, Ga Sampe 10 Menit!

 

6. Telur

Melansir dari situs kemkes.go.id, telur merupakan salah satu sumber protein hewani dengan rasa lezat, gampang dicerna, dan memiliki gizi yang tinggi.

 

Telur tinggi akan kandungan protein dan berbagai vitamin seperti vitamin D, B2, riboflavin, serta kalsium demi membantu membangun tulang yang kokoh dan merangasang pertumbuhan.

 

Bahan pangan satu itu pun kaya akan asam lemak Omega-3 yang membantu perkembangan otak. Disarankan untuk mengonsumsi dua butir telur per porsi setiap hari.

 

7. Ayam

Ayam punya banyak kandungan protein, vitamin B12, serta pula asam amino yang dapat mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Hewan ini pun adalah sumber selenium, niasin, fosfor, dan vitamin B6 yang baik.

 

8. Buah Beri

Melansir dari IDN Times, buah beri merupakan tipe buah berdaging yang sangat umum dijumpai dengan dagingnya banyak yang bisa dikonsumsi.

 

BACA JUGA:Menyegarkan, Inilah 5 Olahan Makanan Sehat dari Buah Naga, Wajib Coba Buat di Rumah!

 

Jenis buah beri seperti blueberry, stroberi, raspberry, serta blackberry, kaya akan nutrisi dan tinggi kandungan vitamin C yang meningkatkan sintesis kolagen.

 

9. Wortel

Melansir dari detikhealth, wortel adalah bahan makanan peninggi badan yang bagus dikonsumsi sebab kaya akan diubah oleh badan menjadi vitamin A. Kalian bisa membua wortel menjadi jus atau menambahkan wortel sebagai topping salad.

 

Laman Boldsky dikutip dari Medcom.id menyebut setiap orang berpeluang tumbuh tinggi sampai umur 25 tahun untuk pria dan 19 tahun bagi wanita. Alhasil selama masih dalam fase pertumbuhan ada baiknya memperbanyak konsumsi makanan-makanan di atas.

 

Sumber: berbagai sumber.

Kategori :