Mobil Listrik KIA Ray EV dan EV5 Siap Saingi Wuling Air EV, Simak Review Spesifikasi Lengkapnya!

Senin 28-08-2023,15:47 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Saat ini KIA telah meluncurkan mobil listrik baru sebagai pesaing Wuling Air EV yaitu mobil mungil bernama Ray EV. Mari kita simak review spesifikasi dan harga Kia Ray EV dan EV5 secara lengkap.

Ini merupakan pengembangan dari mobil KIA Ray yang populer di Negeri Ginseng. Jika nantinya dipasarkan di Indonesia, mobil ini akan bersaing langsung dengan Wuling Air EV. Harganya juga terjangkau, yang tentunya dapat menjadi pesaing serius bagi Wuling Air EV.

Berbicara mengenai varian dan harga, Ray EV ditawarkan dalam 3 varian, yaitu dengan 1 tempat duduk, 2 tempat duduk, dan konfigurasi tempat duduk lebih banyak.

Masing-masing varian hadir dalam dua pilihan tipe, yaitu "Lite" dan "Air". Untuk varian 1 tempat duduk tipe "Lite", harganya adalah Rp20.536 USD atau sekitar Rp314 juta.

BACA JUGA:Mobil listrik Wuling Air EV Punya Spesifikasi Canggih dan Bodi Praktis, Kamu Harus Punya!

Sedangkan untuk tipe "Air", harganya adalah Rp20.873 USD atau sekitar Rp319 juta. Varian 2 tempat duduk dengan tipe "Lite" dijual seharga Rp20.611 USD atau sekitar Rp315 juta, dan untuk tipe "Air", harganya adalah Rp20.986 USD atau sekitar Rp320 juta.

Varian tertinggi dengan konfigurasi 4 tempat duduk dijual dengan harga mulai dari Rp20.836 USD atau sekitar Rp316 juta untuk tipe "Lite". Untuk tipe "Air" dari varian ini, harganya adalah 22.187 USD atau sekitar Rp339 juta.

Spesifikasi Lengkap KIA Ray EV

Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi lengkap dan detail mobil listrik KIA Ray EV, Anda dapat melihat review lengkapnya di bawah ini.

Mesin dan Baterai

Berbicara tentang mesin, performa baterai, dan spesifikasi KIA Ray EV, mobil ini akan mengandalkan baterai LSP 32,2 kilo untuk mendukungnya. Selain itu, ada peningkatan dalam aspek aerodinamis yang memungkinkan mobil ini menempuh jarak hingga 205 KM. Saat digunakan di dalam kota, performanya diklaim mampu mencapai jarak tempuh 233 KM.

BACA JUGA:Review Motor Listrik Alva Cervo 2023, Punya Desain Keren dan Fitur Lengkap Tahan Badai!

Mesin mobil listrik KIA Ray EV memiliki output maksimum sebesar 86 horsepower dengan torsi maksimal mencapai 147 nm.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat 150 KWh, yang memungkinkan pengisian dari 10% hingga 50% dalam waktu hanya 40 menit. Pengisian daya lambat dengan kekuatan 7 kWh memerlukan waktu 6 jam untuk mengisi daya dari 10% hingga 100%.

Hal menarik lainnya, KIA Ray EV menjadi kendaraan pertama dalam kelas mobil kompak Korea yang dilengkapi dengan rem elektronik dan rem parkir elektronik. Kemajuan ini membuat mobil ini semakin menarik.

Selain Ray EV, Kia juga sedang bersiap untuk meluncurkan mobil listrik baru lainnya yang dikenal sebagai "adik" dari KIA EV 9, yang disebut KIA EV5. Informasi lebih lanjut mengenai detail desain, fitur, dan spesifikasi lengkapnya akan segera diumumkan.

Kategori :