Meskipun speedometer pada motor ini sekarang bukan ditempatkan di depan lagi, melainkan langsung di mesin, tetapi sensor ini mendukung kinerja ABS dengan membaca putaran roda. Perbedaan lain terlihat pada kaliper rem. Pada varian Diversified Base, hanya menggunakan 2 piston yang umum, sedangkan pada varian CBS, menggunakan 3 piston yang lebih besar dan kokoh.
Fitur HSTC
Perbedaan utama dari ABS dari CBS adalah adanya fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC), yang berfungsi menjaga agar roda belakang tidak tergelincir. Ini penting untuk menghindari putaran roda belakang yang lebih cepat daripada roda depan pada permukaan licin atau saat kondisi jalan tidak ideal, seperti hujan atau pasir.
Fitur ini akan mengurangi suplai bahan bakar atau menghentikan pengapian mesin sehingga daya mesin berkurang dan roda belakang tidak terus berputar. HSTC ini berfungsi seperti pengaman yang mengurangi tenaga mesin untuk menghindari selip roda belakang yang berbahaya. Perlu dicatat, ABS dan HSTC adalah fitur keamanan yang ada pada varian ABS, sementara pada varian CBS hanya ada ABS.
Dalam hal fitur lainnya, banyak di antaranya yang mirip dengan varian sebelumnya. Misalnya, fitur keyless entry yang memungkinkan nyala tombol dengan cincin di malam hari. Tombol juga memberikan kemudahan membuka jok dan tangki bahan bakar.
Di bawah jok, ada bagasi besar dengan kapasitas 30 liter yang bahkan dapat menampung helm. Perbedaan besar terletak pada akses bagasi yang lebih mudah diakses karena desainnya yang lebih rendah dan lebih mudah dibuka separuh. Desain fitur-fitur di bagian atas masih mirip dengan varian sebelumnya, termasuk posisi tombol-tombol yang sama dan layout jok yang serupa.
BACA JUGA:Yamaha NMAX 155 VS Honda PCX 160: Lebih Unggul Mana? Simak Perbandingannya di Sini!
Bagi orang dengan tinggi badan 165 cm, masih cukup nyaman meskipun posisi kaki tidak benar-benar lurus. Meskipun begitu, postur ini cukup leluasa dan jok yang lebih empuk dibanding versi PCX 150, memberikan kenyamanan lebih.
Jok ini juga memiliki permukaan yang tidak licin seperti pada versi 150, memberikan rasa lebih mantap saat mengerem tiba-tiba. Posisi stang yang tidak terlalu jauh dari badan juga memberikan kenyamanan ekstra, terutama bagi yang tidak terlalu tinggi.
Posisi berkendara ini sepertinya telah menjadi investasi yang layak karena tidak ada perubahan yang signifikan dibanding versi sebelumnya.
Pada versi PCX 160 tahun 2023, perubahan utama terjadi pada pilihan warna. Pada varian CBS, terdapat lebih banyak pilihan warna glossy, dengan hanya satu warna doff yaitu biru muda. Sementara itu, pada varian ABS, hanya ada satu warna glossy yaitu putih, sedangkan lainnya semuanya doff.
BACA JUGA:Simulasi Kredit Cicilan Honda PCX 160 Terbaru Juli 2023, Mesin Bandel Masih jadi Idola!
Emblem dan logo juga mengalami perubahan, dengan penambahan angka 160 pada logo CBS, sementara pada varian ABS, warna logonya tetap emas.
Harga
Harga juga menjadi perbedaan yang signifikan. Varian CBS dijual seharga Rp32,1 juta, sedangkan varian ABS dijual seharga Rp35,6 juta, memiliki perbedaan sekitar 3 sampai 4 juta rupiah.
Varian ABS memiliki tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC), yang menjadikannya lebih unggul dalam hal teknologi keamanan dibanding varian CBS.