Sementara itu, dalam hal detail warna, perlu diperhatikan bahwa warna glossy pada versi terbaru memiliki tampilan yang lebih polos, tanpa glitter atau ornamen tambahan. Warna hitam menjadi warna dominan tanpa efek metalik atau materi lainnya.
Spesifikasi lainnya masih hampir identik dengan versi sebelumnya, termasuk pada mesin dan kerangka. Satu-satunya perubahan yang terlihat hanyalah pada logo "PCX" yang sekarang menambahkan angka 160. Hal ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa mesin yang digunakan memiliki kapasitas 160 cc.
Untuk varian warna Brilian Black, jika kita bandingkan dengan varian White, tampilannya memang lebih lebar. Bagian atasnya didominasi oleh warna hitam dengan banyak detail yang semuanya berwarna hitam, termasuk peleknya.
Meskipun begitu, terdapat beberapa detail kecil yang menambah sentuhan mewah, khas PCX, dengan penggunaan warna Chrome. Contohnya, pada bagian sini, di sekitar handle rem dan area stang, serta pada ring berukuran 10 meter yang juga berwarna silver.
Hal ini menciptakan kontras dengan warna hitam dan memberikan kesan elegan yang tetap terjaga. Logo CBS pada handle rem juga menggunakan warna krom, begitu pula dengan muffler knalpot, swing arm, dan lampu belakang. Semua ini menambahkan sentuhan silver untuk tetap mempertahankan kesan mewah dan elegan.
Untuk versi CBS, meskipun spesifikasinya tidak mengalami perubahan, namun perubahan warna dilakukan. Warna glossy yang lebih banyak menjadi daya tarik tersendiri. Ini mungkin disebabkan oleh permintaan yang lebih banyak akan warna-warna cerah setelah tren warna doff mulai memudar. Warna biru, yang dinamakan Imperial Matte Blue, menjadi pilihan warna utama Honda PCX.
Warna biru ini memiliki intensitas yang dalam dan terlihat seperti warna hitam dalam kondisi cahaya redup. Namun, saat terkena cahaya, warna biru yang sebenarnya akan terlihat. Kombinasi warna ini terlihat sangat keren dan mewah, terutama pada varian matte blue.
Selain itu, perbedaan lain adalah warna velg yang sekarang menggunakan Titanium yellow. Walaupun sebenarnya warnanya lebih ke arah emas terang, efeknya yang lebih tua memberikan tampilan yang menarik. Hal ini menjaga kesan elegan tanpa terlalu mencolok. Tidak hanya perubahan pada pelek, logo pada motor juga berbeda pada versi ini.
Spesifikasi PCX 160 ABS 2023
Kalau di varian PCX 160 ABS, warna logonya menjadi gold, sama seperti varian CBS, namun sekarang ditambahkan angka 160. Selanjutnya, perbedaan lain terletak pada bagian cover jok. Pada varian CBS, bagian ini berwarna hitam polos, termasuk bagian belakangnya.
Meskipun teksturnya sebenarnya sama dengan dua bagian lainnya, yaitu bagian depan yang halus dan bagian belakang yang kasar, pada varian ABS bagian belakang diberikan sentuhan warna keperakan yang lebih mewah, serta bagian ini juga tetap berwarna silver. Menurut kami, hal ini masih tetap cocok, terutama dengan warna-warna chrome di bagian stang, pijakan kaki, dan cover CVT.
Selain warna Imperial Matte Blue, terdapat pilihan warna merah yang juga diberikan tampilan doff dan hitam yang juga doff. Satu-satunya yang glossy adalah varian putih pada ABS. Sehingga, perbedaannya adalah pada varian CBS terdapat tiga warna doff dan satu glossy, sementara pada varian ABS terdapat tiga warna doff dan satu glossy.
Varian ABS ini memiliki pelek warna Titanium. Pada warna merah, pelek Titanium ini memberikan kontras yang lebih kuat dibandingkan dengan warna merah yang cerah. Sedangkan warna merah yang cerah ini sudah menjadi ciri khas Honda di beberapa model, termasuk CBR 250. Di sisi rem ABS, perbedaannya lebih jelas.
Sistem rem ABS dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), yang mencegah ban terkunci saat pengereman mendadak. Jika terkunci, sistem ini akan mengirim sinyal ke sensor untuk membuka rem agar ban bisa berputar. Ini sangat penting agar ban tidak terkunci dan menghindari kemungkinan selip atau kehilangan kendali.
Di Honda PCX 160 ini, sistem ABS hanya di roda depan, yang menghasilkan pengalaman pengereman yang lebih halus dan efektif. Rem depan menggunakan sistem cakram dengan diameter yang sama dengan varian CBS, serta memiliki karakteristik yang serupa.
Terdapat tambahan pada model ini, yaitu garis-garis untuk membaca putaran roda dan sensornya. Ini mengarah ke tabung shockbreaker yang berbeda dengan adanya bracket untuk sensor putaran roda depan.