Bocoran Spesifikasi, Desain dan Fitur iPhone 15 Lengkap dengan Harga

Kamis 17-08-2023,17:54 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Hanya ada beberapa sisanya yang belum, seperti AirPods dan iPhone ini. Apple Pencil sekarang sudah menggunakan pengisian daya nirkabel, sementara generasi sebelumnya justru dilengkapi dengan converter ke USB-C karena iPad base model generasi ke-10 sudah menggunakan USB-C.

Meskipun ini terasa aneh, namun jika Apple meratakan penggunaan port USB di semua lineup iPhone tahun ini, baik di model dasar maupun model promonya, ini akan menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi mereka yang telah menunda untuk meng-upgrade iPhone mereka.

Sebab, transisi dari Lightning ke USB-C merupakan keputusan yang tampaknya Apple sudah berusaha sampaikan. Namun, jika tidak didorong oleh kebijakan negara yang mengharuskan penggunaan USB tertentu, mungkin transisi ini tidak akan terjadi. Jadi, kehadiran USB-C di iPhone 15 tahun ini adalah sesuatu yang layak dipertimbangkan.

4. Chipset

Selanjutnya, mari kita bahas tentang chipset iPhone 15. Jika kita melihat tahun lalu, terjadi situasi yang kurang menyenangkan. Mungkin ini pertama kalinya Apple melakukan ini, di mana iPhone 14 Pro menggunakan chipset A16 Bionic, sementara model dasarnya, iPhone 14, masih menggunakan chipset A15 Bionic yang sama seperti seri iPhone tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Samsung Segera Luncurkan One UI 6, Tampilan Akan Mirip iPhone dan ColorOS Oppo?

Memang, pada seri sebelumnya seperti iPhone 11 dan iPhone 12, di generasi tersebut, model pro dan model dasarnya menggunakan chip yang serupa, seperti A13 Bionic. Namun, pada iPhone 14, hal ini berubah. Performa model dasarnya tidak setangguh model Pro-nya.

Pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 model dasar, perbedaannya hanya bisa diredam oleh Apple karena perbedaan dalam tipe chipset dan yang mungkin akan terjadi pada bulan September mendatang untuk seri iPhone 15.

Apakah mereka akan memberikan chipset A16 untuk model dasarnya, sama seperti yang terjadi pada iPhone 14 Pro tahun lalu, atau akan memberikan chipset yang sama seperti model Pro-nya, yaitu A17 Bionic, kami belum tahu.

Namun, jika kita melihat tahun sebelumnya, nampaknya Apple akan melakukan hal yang serupa seperti yang dilakukan pada model iPhone 14s. Di tahun ini, seharusnya Apple akan memberikan chipset A16 Bionic untuk model terbaik iPhone 15 dan A17 Bandit untuk iPhone 15 Pro dan 15 Pro.

5. Baterai

Seperti yang kita tahu, berdasarkan rumor, iPhone 15 dari model dasar hingga model Pro dikabarkan akan mendapatkan peningkatan baterai yang sangat signifikan. Jika kita membandingkannya dengan seri iPhone sebelumnya, di mana peningkatan sekitar 100 hingga 200 mAh saja sudah terasa sangat berarti.

Bagaimana jika rumor ini benar-benar terjadi? Ini tentunya didukung oleh rancangan chipset A16 atau A17 dari Apple yang seharusnya lebih hemat daya. Sehingga, bahkan pada seri iPhone 15 model terbaik, peningkatannya akan lebih efisien daripada generasi iPhone sebelumnya.

Jadi, peningkatan yang signifikan dalam kapasitas baterai pada model dasar iPhone 15 seperti ini akan menjadikan seri ini sangat menarik.

6. Fitur Tambahan

Sempat beredar rumor bahwa iPhone 15 model dasar akan memiliki kamera 48MP. Meskipun tetap menggunakan sistem dual kamera tanpa telefoto atau periskop seperti yang diisukan untuk model Pro, memiliki kamera 48MP terdengar luar biasa.

Namun, terasa agak tidak seperti gaya Apple. Biasanya Apple tidak cenderung memasang resolusi kamera sebesar itu pada model dasar. Mereka lebih cenderung naik dari 12 menjadi 14 megapiksel, seperti pada model iPhone 12.

Peningkatan menjadi 15 megapiksel juga mungkin, tetapi 48 megapiksel terdengar tidak masuk akal dan tidak mungkin. Selain itu, ada perkembangan seperti WiFi 6E yang semestinya sudah diterapkan dan diselaraskan dengan model promonya.

Seperti yang kita ketahui, teknologi ini sudah diperkenalkan dalam MacBook Pro M2 dan M2 Max terbaru. Oleh karena itu, akan wajar untuk meng-upgrade ke WiFi 6E agar konektivitas semakin mantap.

Harga iPhone 15

Kategori :