Rekomendasi 10 Mobil Pertama Bagi Pemula, Fix Banget Nyaman dan Andal!

Jumat 11-08-2023,14:34 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar – Ada rekomendasi 10 mobil untuk pemula yang baru saja mahir berkendara dan ingin membeli mobil pertamanya. Berbagai merek masuk dalam daftar ini namun yang pasti, semuanya nyaman dan andal.

 

Kamu baru saja berhasil bisa mengendarai mobil setelah belajar berwaktu-waktu? Maka umumnya langkah selanjutnya yang kalian pilih adalah cari mobil pertama. Sebagai pertimbangan, melansir dari IDN Times ada 10 mobil pertama yang cocok untuk pemula.

 

1. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla bekas 2021 umurnya tidak terlalu tua dan masih cocok banget dikendarai tahun ini. Nuansa sporty mobil ini bertambah berkat kilauan abu metaliknya.

 

Mobil racikan Daihatsu itu memiliki mesin dengan kapasitas 1.200 cc, sementara harganya cukup bervariasi sesuai lokasi pembelian. Namun rata-rata Daihatasu bekas dihargai Rp127 jutaan di tahun 2023.

 

2. Toyota Yaris

Pengendara mobil newbie juga dapat mempertimbangkan Toyota Yaris S TRD NEW A/T 2018. Sang roda empat tersedia dalam banyak pilihan warna seperti hitam metalik dan putih yang tidak kalah kece.

 

Mesin Toyota Yaris berkapasitas 1.500 cc yang masih sangat bagus. Toyota Yaris S TRD NEW A/T 2018 rata-rata dijual seharga Rp226 juta.

 

3. Honda Jazz

Mobil pertama untuk pemula yang cocok juga termasuk Honda Jazz, disarankan memilih Honda Jazz keluaran tahun 2018. Mobil ini ditanamkan mesin berkapasitas 1.500 cc.

 

Faktor itu menjadikan Honda Jazz layak untuk dicoba. Rata-rata orang menjual model ini sebesar Rp248 jutaan.

 

BACA JUGA:Wuling Baojun Yep: Mobil Listrik Mirip Suzuki Jimny, Cek Spesifikasi dan Bocoran Harganya Disini!

 

4. Toyota Agya

Toyota Agya bisa termasuk salah satu opsi untuk mpbil pertama pemula, dengan LCGC dari kendaraan ini banyak menjadi pilihan pertama bagi para pemula dalam mengemudi. Buktinya, banyak Toyota Agya yang lalu-lalang di jalanan.

 

Soal tampilan juga memanjakan sebab sangat modern, khususnya di departemen interiornya.  Soalnya pemasangan head unit yang sudah dapat diakses dengan touchscreen, dan engine start stop button guna menyalakan mobil secara otomatis.

 

Toyota Agya menggendong mesin berkapasitas 1.197 cc yang sanggup mengembuskan tenaga maksimal 87 hp dan torsi maksimum sampai 108 Nm. Mobil tersebut dibanderol mulai dari Rp155,5 jutaan (harga OTR).

 

5.Honda Brio Satya

Honda Brio Satya bisa jadi pilihan bagi pengemudi yang masih pemula dalam hal berkendara. Mobil ini dengan kapasitas mesin 1.199 cc i-VTEC 4-silinder. Spesifikasi ini mungkinkan hasil tenaga optimal sampai 89 hp di 6.000 rpm serta torsi maksimum hingga 110 Nm di 4.800 rpm.

 

Terdapat dua pilihan transmisi pada LCGC dari Honda itu yaitu manual serta otomatis. Harga OTR untuk Honda Brio Satya E CVT sang varian tertinggi dipatok seharga mulai Rp163 jutaan.

 

6. Toyota Calya

Ingin mobil yang juga bisa dipakai bersama keluarga? Maka Toyota Calya tepat bagimu karena mobil ini bisa menampung sampai tujuh orang. Kapasitas mesinnya sebesar 1.197 cc, 4-silinder, DOHC 4 katup, memuntahkan tenaga maksimal sampai 87 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimum sampai 108 Nm di 4.200 rpm.

 

Sang LCGC Toyota memiliki keunggulan soal konsumsi bahan bakarnya yang irit yaitu mencapai 14 km/liter di jalanan koat yang macet. Harga OTR Toyota Calya G AT varian tertingginya, adalah mulai dari Rp174,9 jutaan.

 

7. Daihatsu Terios

Daihatsu Terios dapat menjadi salah satu opsi jika pemula ingin menjajal mobil jenis SUV. Berkat desain yang maskulin dan sporty kesan gagah pada mobil ini pun makin menjadi. Mobil ini dibekali mesin tipe 2NR-VE 1.500 cc berkapasitas 1.500 cc, 4-silinder segaris DOHC, berteknologi Dual VVT-I yang bisa mengembuskan tenaga maksimal hingga 104 hp di 6.000 rpm serta torsi maksimum sampai 136 Nm di 4.200 rpm.

 

SUV besutan Daihatsu diklaim cukup irit konsumsi bahan bakar karena mengusung teknologi EFI yang sanggup mengefisiensikan pemakaian bahan bakarnya. Daihatsu Terios ini terdiri dari sembilan tipe. Harga Daihatsu Terios R MT COSTUM selaku varian tertingginya, mulai dari Rp246,9 jutaan.

 

BACA JUGA:Maxus Mifa 9 2023: Mobil Listrik Seharga Toyota Alphard? Pantesan Saja Spesifikasinya Semewah Ini

 

8. Toyota Avanza

‘Mobil sejuta umat’ ini pun cocok digunakan untuk pengtemudi mobil pemula. Toyota Avanza pas digunakan untuk berpergian sekeluarga karena memiliki kabin yang luas serta kursi penumpang hingga tujuh buah.

 

Avanza disematkan mesin dengan kapasitas 1.496 cc, 2NR-VE, 4-silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-I, yang bisa melepaskan tenaga optimal sampai 104,6 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum sampai 137,3 Nm di 4.200 rpm. Toyota Avanza G TSS menjadi varian tertingginya dengan dijual mulai dari Rp264 jutaan.

 

9. Daihatsu Sirion

Mobil ini memang dirancang khusus bagi anak-anak muda jadi sangat pas sebagai mobil pertama muda-mudi yang masih pemula soal menyetir. Stigma sebagai mobilnya anak muda ditekankan dengan eksteriornya yang elegan nan sporty.

 

Dengan mesin 1NR-VE berteknologi dual VVT-I berkubikasi 1,3 liter dan 4-silinder, Sirion bisa menghasilkan tenaga maksimal sampai 95 ps di 6.000 rpm serta torsi maksimum sampai 120 Nm di 4.200 rpm. Daihatsu Sirion 1.3 L MT adalah varian tertingginya, seharga mulai Rp209,2 jutaan.

 

10. Suzuki Ignis

Terakhir di daftar ini, Suzuki Ignis menjadi mobil paling cocok untuk pemula apalagi memang lumayan banyak diminati. Tampilan city car dari Suzuki ini sangat maskulin dan sporty untuk kelas city car berkat mengusung desain crossover. Menyematkan mesin bensin berkapasitas 1.197 cc, 4-silinder 16 valve yang memuntahkan tenaga maksimal hingga 82 hp di 6.000 rpm dan torsi optimal sampai 113 Nm di 4.200 rpm.

 

Konsumsi bahan bakaernya juga irit dengan mencapai 14 km/liter. Varian tertingginya ialah Suzuki Ignis GX AGS dengan banderol harga OTR mulai dari Rp217,5 jutaan.

Kategori :