7 Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah, Kenali Juga Efek Samping Bahan Ini

Jumat 21-07-2023,13:52 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Nicotinamide atau niacinamide adalah senyawa yang berasal dari vitamin B3, niacin. Meskipun keduanya memiliki kesamaan nama, namun struktur dan fungsi niacinamide dan niacin berbeda. Banyak perusahaan kosmetik yang mencampurkan kandungan ini pada produk pelembap karena Niacinamide mempunyai segenap manfaat untuk kulit wajah yang perlu Anda ketahui.

Niacinamide diproduksi oleh tubuh ketika terjadi kelebihan asupan vitamin B3 atau asam amino triptofan. Di bidang dermatologi, niacinamide banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat serta menghilangkan bercak atau noda bekas jerawat.

Selain itu, senyawa ini juga membantu mengendalikan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh eksim dan acne rosacea. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu peradangan dalam tubuh.

Di samping itu, niacinamide juga memiliki manfaat dalam mencerahkan kulit. Manfaat ini berasal dari kemampuan niacinamide dalam memperlambat proses perpindahan pigmen (zat pemberi warna) ke dalam sel-sel kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah.

BACA JUGA:Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Sesuai Jenis Kulit, Apa Saja Sih Kandungan yang Harus Diperhatikan?

Niacinamide sering menjadi kandungan utama dalam produk perawatan kulit (skincare). Oleh karena itu, tak heran bila produk skincare yang mengandung niacinamide sangat diminati, karena diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, pori-pori besar, serta garis halus dan kerutan pada wajah.

7 Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Karena banyak perusahaan kosmetik yang menambahkan kandungan bahan ini untuk produk mereka, berikut adalah 7 manfaat kandungan Niacinamide untuk kulit wajah:

1. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat Niacinamide yang paling utama adalah melindungi kulit dari radikal bebas, sinar ultraviolet matahari, polusi, dan zat berbahaya lainnya. Selain itu, juga berperan sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki DNA yang rusak.

2. Melembapkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat utama niacinamide untuk wajah adalah membantu menjaga kelembapan. Niacinamide berkontribusi dalam pembentukan ceramide, yang berfungsi sebagai penghalang lemak untuk menjaga kulit tetap lembap.

BACA JUGA:5 Masker Wajah dari Bahan Alami, Bikin Kulit Kenyal dan Auto Glowing!

Ini berlaku untuk semua jenis kulit wajah, termasuk yang kering dan sensitif. Niacinamide juga membantu membangun keratin pada kulit, membantu mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.

3. Mengendalikan produksi minyak wajah dan mengecilkan pori-pori

Manfaat Niacinamide memiliki kemampuan untuk mengendalikan produksi minyak berlebihan oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah, sehingga membantu mengecilkan pori-pori yang biasanya lebih besar pada kulit berminyak.

4. Mengobati Jerawat

Kandungan niacinamide cocok digunakan oleh orang dengan kulit berjerawat, termasuk jerawat yang meradang dan parah seperti jerawat pustula. Kemampuannya meningkatkan fungsi skin barrier membantu mengunci kelembapan dan mencegah iritasi akibat bakteri penyebab jerawat.

5. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Niacinamide mempunyai manfaat dapat membantu mencerahkan dan menghilangkan noda hitam (hiperpigmentasi) di kulit, terutama jika digunakan secara rutin selama beberapa minggu. Hal ini terjadi karena niacinamide berperan dalam produksi kolagen, yang membantu memudarkan atau menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

6. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus di Wajah

Niacinamide juga membantu menunda penuaan dini seperti munculnya kerutan dan garis halus akibat paparan sinar matahari dan polusi udara. Oleh karena itu, kandungan ini sering digunakan dalam produk anti-aging.

7. Mengecilkan pori-pori

Kategori :