Miris! Puluhan Siswa di SDN Sukamulya 02 Ujian Sekolah di Musala

Selasa 16-05-2023,16:11 WIB
Editor : Erwin Mintara

RADARJABAR, BOGOR - Puluhan siswa SDN Sukamulya 02 yang berlokasi di Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor terpaksa harus ujian sekolah di teras rumah warga dan Musala .

Hal tersebut terpaksa dilakukan lantara bangunan sekolah itu ambruk diterjang bencana angin kencang beberapa waktu lalu.

“Karena bangunan kelas jauh SDN Sukamulya 02 kemarin ambruk karena angin kencang, sekarang siswa tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar (KBM),” kata Kepala Seksi (Kasie) Kurikulum dan Kelembagaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Didin Syafrudin.

“Untuk ujian sekolah juga tahun ini tetap berjalan, meski ujian kali ini dirumah milik warga,” imbuhnya.

Dia juga memastikan pembelajaran kelas jauh akan terus berjalan walaupun tidak memiliki gedung sekolah tetap untuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Saya pastikan proses belajar mengajar ini akan terus berjalan dan untuk pembangunan gedung nantinya itu ranahnya dibidang sarana dan prasarana (Sarpas). Kalau kita hanya proses belajar mengajar dan ujian,” paparnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukamakmur, Andika menyebut kalau Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor telah gagal memberikan pendidikan di wilayah.

Hal ini terlihat kurang nya perhatian Disdik membiarkan siswa yang belajar di teras rumah dan Musala.

“Menurut saya Disdik telah gagal memberikan pendidikan, padahal SDN Sukamulya 02 berlokasi hanya puluhan kilometer dari Pemerintah Daerah. Masa tidak bisa memberikan fasilitas pendidikan, dan imbasnya belasan siswa menjalankan ujian sekolah dirumah milik warga,” kesalnya

Tak hanya itu, Andika menilai, Pemkab Bogor tidak berniat merealisasikan program pancakarsa yakni Bogor cerdas.

Terkait dengan tidak dianggarkan oleh Dinas Pendidikan dalam membangun sekolah jarak jauh baru, Andika menunggu kehadiran pemerintah daerah dalam hal ini disdik.

"Disdik kebanyakan alasan mulai dari bilang tanah kehutanan, dibongkar warga dan sebagainnya," pungkasnya.***

Kategori :