Motor Jadul Honda Astrea Grand Bulus Kini Jadi Incaran Lagi, Berapa Harganya?

Senin 15-05-2023,12:10 WIB
Reporter : Vania Ramadhania Suprapto
Editor : Vania Ramadhania Suprapto

Radar Jabar - Saat ini motor jadul memang tengah digemari oleh khalayak muda. Salah satunya motor Honda Astrea Grand Bulus. Motor ini pertama kali diproduksi pada tahun 1991. Dinamai dengan Astrea Grand Bulus dikarenakan lampu belakang yang cembung menyerupai seekor bulus atau kura-kura cangkang lunak (softshell turtle). Astrea Grand Bulus menjadi salah satu model paling laris di era restorasi sekarang ini. 

Astrea Grand edisi pertama hadir pada tahun 1991. Sebagai generasi penerus Astrea Prima namun mengusung desain yang lebih modern dengan lekukan-lekukan halus, mendobrak generasi sebelumnya yang identik dengan desain kotak.

Pada era 90-an, Honda Astrea Grand menjadi primadona di dunia otomotif Indonesia. Selain mempunyai desainnya yang unik, mesinnya juga tangguh, dan bensin yang irit. 

Tujuan dihadirkannya motor Astrea Grand Bulus karena untuk menggantikan posisi Astrea Prima, yang sudah tidak diproduksi lagi.

BACA JUGA:Motor Klasik yang Menjadi Incaran Kolektor, Harganya Mencapai Ratusan Juta!

Menggendong mesin C100 berkapasitas 97,1 cc yang dipadukan dengan 4 percepatan dengan system rotary yang diklaim bisa melesat hingga 55 km/jam serta konsumsi BBM 60 km/liter. Salah satu tipe awalnya mendapat sebutan Astrea Grand Bulus, karena model belakangnya mirip dengan bentuk bulus atau kura-kura, serta banyak juga disebut pantat monyet.

Kelebihan lain dari motor ini yang cukup dikenal adalah kenyamanan jok-nya. Sebab jok Honda Astrea Grand sudah dilapisi dengan busa yang tebal yang membuat pengendara maupun penumpang jarang mudah pegal saat berkendara.

Terdapat juga kelemahan pada Honda Astrea Grand. Salah satu kelemahan Astrea Grand adalah “tulang-tulang”-nya yang mudah yang menjadikannya kurang awet. 

Honda Astrea Grand keluaran tahun 1996 dibanderol mulai dari Rp 3 jutaan saja. Sedangkan untuk yang keluaran tahun 1993 dijual mulai Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah. Sebelum membeli, cek kembali kondisi fisik dan mesinnya, beserta kelengkapan surat-suratnya.

BACA JUGA:Tampilan Honda Rebel Terbaru, Disain Motor Kustom Sentuhan Warna Apik

Kategori :