8 Tips Belajar untuk Seseorang dengan Gaya Belajar Kinestetik

8 Tips Belajar untuk Seseorang dengan Gaya Belajar Kinestetik

8 Tips Belajar untuk Seseorang dengan Gaya Belajar Kinestetik-Ilustrasi Orang dengan Gaya Belajar Kinestetik-Pixabay

Radar Jabar – Setiap gaya belajar tentu membutuhkan cara yang tepat untuk dimaksimalkan oleh seseorang dalam proses pembelajaran mereka. Bagi orang dengan gaya belajar kinestetik, ada sejumlah tips belajar yang layak dicoba demi mendukung aktivitas kegiatan pembelajaran hariannya.

 

Gaya belajar kinestetik merupakan proses pembelajaran yang mengandalkan sentuhan atau rasa untuk menerima informasi dan pengetahuan. Gaya belajar ini turut melibatkan gerakan fisik, menyentuh, dan merasakan atau mengalami suatu hal secara langsung.

 

Hal tersebut berbeda dengan dua gaya belajar paling umum lainnya yaitu visual dan auditori. Dalam proses belajar,  gaya belajar visual mengandalkan pengelihatan sedangkan gaya belajar auditori mengandalkan Indera pendengaran.

 

Mengingat orang dengan gaya belajar kinestetik akan memahami tugasnya ketika coba dilakukan secara langsung, pemberian instruksi secara tulisan mau pun lisan cenderung mudah terlupakan, demikian menurut laman NS Development. Tipe satu ini memang lebih mudah mengingat atau memahami informasi langsung dengan mempraktikannya daripada mendengarkan dan membaca.

 

BACA JUGA:Serba-serbi 3 Gaya Belajar Terpopuler Auditori, Visual, Kinestetik: Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?

 

Seseorang yang mengandalkan gaya belajar kinestetik juga cenderung lebih nyaman mengekspresikan dirinya melalui gerakan fisik.

 

Gaya belajar kinestetik diharapkan efektif untuk menyerap ilmu dan pemahaman, karena proses belajar lebih berkaitan dengan lingkungan belajar multi-indera. Namun, gaya belajar ini juga memiliki beberapa keterbatasan, seperti tidak bisa berlama-lama saat belajar dengan cara yang tanpa melibatkan gerakan fisik.

 

Orang yang memiliki tipe kinestetik punya minat eksplorasi cukup besar sehingga berdiam selama hingga beberapa jam bukan hal yang disukai. Contohnya seperti dalam e-jurnal Institut Agama Islam Negere Ponorogo dilansir dari detikcom. Anak pemilik gaya belajar kinestetik cenderung tidak betah dalam waktu lama ketika berada di dalam kelas.

 

Itu lantaran lebih senang apabila proses belajarnya melibatkan aktivitas fisik di luar ruangan. Cara tersebut dirasa lebih ampuh untuk menyerap ilmu, informasi, serta pemahaman dalam proses belajar-mengajar.

 

BACA JUGA:Lucu Tapi Berbahaya! Simak 5 Bahaya AI Image yang Tanpa Kamu Sadari

 

Untuk seseorang dengan gaya belajar kinestetik, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan proses pembelajaran:

 

1. Berlatih secara berkelanjutan

Gaya belajar kinestetik melibatkan gerakan, jadi berlatih secara berkelanjutan akan membantu menyesuaikan diri dengan materi yang dipelajari.

 

2. Menggunakan alat bantu fisik

Alat bantu fisik, seperti kalender, penulis, dan kartu, dapat membantu seseorang dengan gaya belajar kinestetik untuk menjadi lebih organisasi dan fokus.

 

3. Melakukan praktik dan eksperimen

Seseorang dengan gaya belajar kinestetik memerlukan praktik dan eksperimen untuk menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam.

 

4. Belajar di luar ruangan

Gaya belajar kinestetik dapat diberikan secara luas, jadi berlatih di luar ruangan akan meningkatkan semangat dan keinginan untuk mengeksplorasi dan mengobservasi.

 

5. Menggunakan visual menarik

Seseorang dengan gaya belajar kinestetik dapat menghasilkan catatan yang visual menarik untuk membantu mengorganisir dan mengelola informasi.

 

BACA JUGA:7 Fakta Menarik Tentang Bintang Laut yang Jarang Diketahui, Punya Kemampuan Menakjubkan Seperti Patrick Star?

 

6. Mengajak teman untuk belajar bersama

Belajar bersama dengan teman dapat meningkatkan motivasi dan fokus pembelajaran, serta memberikan kesempatan untuk berbagi pendapat dan mengajarkan satu sama lain.

 

7. Mengikuti pelatihan bersama ahlinya

Pelatihan bersama dengan ahlinya dapat memberikan wawasan baru dan meningkatkan cara belajar kinestetik.

 

8. Menghadapi situasi keributan

Seseorang dengan gaya belajar kinestetik mungkin mudah terganggu dengan situasi keributan, jadi harus berusaha untuk menghadapi situasi tersebut dan menjaga fokus pembelajaran.

 

Demikian sedikit pembahasan kami tentang gaya belajar kinestetik dan beberapa tips untuk meningkatkan pembelajaran. Dengan memahami dan menerapkan tips ini, seseorang dengan gaya belajar kinestetik dapat meningkatkan proses pembelajaran dan mencapai tujuan belajar yang diinginkan.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: