Sulit Memaafkan Diri Sendiri? Simak Caranya Berikut Ini

Sulit Memaafkan Diri Sendiri? Simak Caranya Berikut Ini

--

Memaafkan diri sendiri terkadang sulit untuk dilakukan, tapi kita harus sadar bahwa setiap manusia pasti mempunyai kesalahan.

Menurut Daryl Van Tongeren, PhD, adalah profesor psikologi di Hope College di Holland menjelaskan bahwa memaafkan diri sendiri untuk sebagian orang merupakan hal penting untuk kesehatan mental.

Itulah mengapa proses memaafkan diri sendiri bukan hanya tindakan satu kali saja. Ini adalah proses di mana kita mulai mengganti perasaan bersalah dan malu, hingga memiliki kesadaran akan kesalahan kita, dan ada keinginan untuk berubah.

Lalu bagaimana cara memaafkan diri sendiri? Dilansir oleh Jabar Ekspres dari The Healthy pada Senin 21 Februari 2022, berikut ini caranya.

1. Mulailah dengan menunjukkan belas kasihan pada diri sendiri

Belas kasih pada diri sendiri adalah suatu tindakan dimana pikiran kita memahami dan menerima kesalahan yang telah dilakukan.

Itulah sebabnya tanpa belas kasihan pada diri sendiri, penyesalan yang kita buat tidak akan mudah hilang dan justru menjadi perenungan yang tidak sehat.

Hal ini dapat menyebabkan perasaan malu atau bersalah yang berkepanjangan, dan itu bisa membuat diri kita sulit untuk menemukan penerimaan.

2. Tanggung jawab

Memaafkan diri sendiri dimulai dengan pengakuan bahwa Anda melakukan kesalahan, Dr. Van Tongeren menerangkan tentang pentingnya untuk menghindari dorongan untuk menyalahkan, dan sebaliknya harus mengakui kesalahan Anda.

Mengambil tanggung jawab mungkin merupakan cara yang ampuh untuk melepaskan rasa bersalah.

3. Penyesalan

Penyesalan berarti merasa menyesal atas apa yang telah Anda lakukan, kesedihan inilah yang memperkuat komitmen untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Tetapi penting untuk memahami batas-batas penyesalan Anda sendiri. Itu berarti mengenali ketika respons emosional Anda melampaui batas tanggung jawab Anda.

4. Restorasi

 

Restorasi adalah upaya untuk memperbaiki apa yang hilang karena kesalahan Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki momen kesalahan contohnya mencuri sesuatu, pemulihannya berarti mengembalikan apa yang Anda curi. Pemulihan adalah pertanggungjawaban yang Anda terima dan permintaan maaf yang Anda tawarkan.

5. Pembaruan

Dalam langkah pembaruan ini, Anda bisa berhenti sejenak dan memikirkan seluruh proses yang dimulai dari kesalahan yang pernah dibuat, misalnya Anda bisa bertanya pada diri sendiri mengapa membuat kesalahan sejak awal dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya agar tidak terjadi lagi.

Sumber: