Tradisi Terompet Pagi Akmil Magelang Sambut Kabinet Merah Putih dengan Nuansa Militer

Tradisi Terompet Pagi Akmil Magelang Sambut Kabinet Merah Putih dengan Nuansa Militer

Tradisi Terompet Pagi Akmil Magelang Sambut Kabinet Merah Putih dengan Nuansa Militer --(Sumber Gambar : Antara)

RADAR JABAR  — Tradisi Akademi Militer (Akmil) Magelang memberi warna unik dalam agenda Retreat Kabinet Merah Putih yang berlangsung dari 24 hingga 27 Oktober 2024. Salah satu tradisi khas yang dijalankan selama retreat ini adalah terompet pagi, yang digunakan untuk membangunkan seluruh anggota kabinet sebagai tanda dimulainya aktivitas harian mereka.

Tradisi ini turut disoroti oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Noel Ebenezer. Saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat (25/10), Noel menyatakan terkejut sekaligus kagum dengan ritme tradisi di Akmil yang terdengar hampir di setiap jam, termasuk di pagi hari.

“Tradisi di Akmil. Ternyata di Akmil suara terompet itu ada di setiap jam tertentu, termasuk pagi hari,” ujar Noel.

Sejak tiba di Magelang pada Kamis sore, anggota Kabinet Merah Putih menempati area penginapan yang terletak di lahan golf kompleks Akmil Magelang, tepatnya di Borobudur International Golf & Country Club di Jl. Jenderal Gatot Soebroto No 1, Magersari.

 

BACA JUGA:4.138 Anggota TNI/Polri Dikerahkan untuk Amankan Kegiatan Perdana Presiden Prabowo di Akademi Militer Magelang

BACA JUGA:Presiden Prabowo Bentuk Lembaga Haji dan Umrah Terpisah dari Kemenag

 

Area ini berada dalam satu kawasan dengan Akmil Magelang dan Sekolah Taruna Nusantara, yang telah dilengkapi dengan 120 tenda penginapan untuk kebutuhan selama agenda berlangsung.

Tradisi terompet pagi terdengar pertama kali pada pukul 04.00 WIB, memecah keheningan pagi di area tersebut, diikuti oleh aktivitas senam pagi dan latihan baris berbaris yang dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo Subianto di Lapangan Pancasila Akmil.

Noel menjelaskan, “Jadi ada tradisi terompet. Itu tradisi di sini, katanya di Akmil.”

Tradisi terompet ini juga diakui Menteri Koordinator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan, yang turut merasa terbangun oleh suara terompet pada waktu subuh.

Ia menyebut bahwa suara tersebut membangunkan sebagian anggota kabinet yang kemudian menjalankan ibadah salat subuh berjamaah sebelum berkumpul di lapangan untuk senam pagi.

 

Sumber: