Syaikhu Berduka atas Musibah Gempa Kabupaten Bandung

Syaikhu Berduka atas Musibah Gempa Kabupaten Bandung

Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu (tengah) berikan keterangan kepada awak media--

RADAR JABAR - Kabupaten Bandung berduka, gempa berkekuatan 5 Magnitudo pagi tadi mengguncang Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

 

491 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Bandung dan 209 KK di Kabupaten Garut terdampak atas peristiwa tersebut.

 

Guncangan hebat yang terjadi di Kabupaten Bandung itupun mengakibatkan 81 orang luka luka di Kabupaten Bandung dan 1 orang di Kabupaten Garut dengan rincian 23 orang luka berat dan 58 orang lainnya luka ringan (sumber data, BNPB).

 

Menyikapi peristiwa tersebut, Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Ahmad Syaikhu mengucapkan turut berduka atas musibah gempa yang terjadi di Kabupaten Bandung ini.

 

Iapun mengingatkan masyarakat agar selalu waspada akan potensi bencana yang bisa terjadi dimanapun dan kapanpun.

 

“Pertama memang perlu ada kesadaran bahwa kita di Jabar berada di ring of fire atau cincin api. Artinya kita harus menyadari setiap saat, setiap waktu akan sangat mungkin terjadinya bencana,”ungkapnya.

 

“Kedua tentu kita akan lebih bisa waspada menghadapi waspada waspada di Jabar ini apakah itu longsor gempa gunung meletus dan sebagainya itu akan lebih waspada. sehingga kemudian kita juga perlu merencanakan dengan baik apa ketika terjadi bencana bencana seperti itu, dan kemudian disosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak panik. Masyarakat teredukasi kalau ada bencana seperti ini apa yang harus dilakukan, siapa yang harus dihubungi. Nah ini penting sehingga tidak menimbulkan kepanikan terlebih dengan berita berita hoax melalui medsos yang membuat masyarakat panik,”jelasnya.

 

Sumber: