8 Manfaat Tomat yang Baik untuk Kesehatan, Buah Kaya Akan Vitamin!

8 Manfaat Tomat yang Baik untuk Kesehatan, Buah Kaya Akan Vitamin!

Ini Beberapa Manfaat Tomat yang Baik untuk Kesehatan--(Sumber Gambar: Pixabay/elle_kh)

RADAR JABAR - Tomat mungkin sering kita anggap sebagai bahan masakan biasa, tapi siapa sangka kalau buah ini punya segudang manfaat kesehatan.

Dari menjaga jantung hingga kulit, tomat bisa jadi sahabat baik untuk tubuh kita. Nah, berikut ini beberapa manfaat tomat yang bisa kamu rasakan kalau rajin mengonsumsinya.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan tubuh

1. Mencegah Penyakit Jantung

Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang bisa bantu mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) di arteri. Dengan begitu, tomat bisa menurunkan risiko aterosklerosis, yang sering jadi penyebab penyakit jantung.

Nggak cuma itu, kandungan kalium di dalamnya juga membantu mengontrol tekanan darah, jadi lebih sehat deh jantung kita!

2. Sumber Vitamin yang Baik

Butuh asupan vitamin C buat jaga imun tubuh? Tomat solusinya! Buah ini tinggi vitamin C yang bisa mempercepat penyembuhan luka dan bikin tubuh lebih kuat melawan penyakit.

Selain itu, vitamin A di dalam tomat penting buat kesehatan mata dan kulit, sementara vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah.

 

BACA JUGA:7 Jus untuk Menurunkan Gula Darah untuk Kesehatan yang Lebih Optimal, Ada Jus Tomat yang Gampang Dibuat!

BACA JUGA:5 Olahan Tomat yang Gampang Dibuat di Rumah dengan Rasa Lezat! Ada Favoritmu?

 

3. Mencegah Kanker

Ada penelitian yang menyebutkan kalau rajin makan tomat bisa bantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan paru-paru. Ini karena tomat mengandung likopen dan antioksidan lainnya yang bisa melawan sel-sel kanker dalam tubuh.

Sumber: berbagai sumber