Indonesia dan Jerman Perkuat Kerja Sama di Sektor Ketenagalistrikan untuk Pengembangan Energi Terbarukan

Indonesia dan Jerman Perkuat Kerja Sama di Sektor Ketenagalistrikan untuk Pengembangan Energi Terbarukan

Indonesia dan Jerman Perkuat Kerja Sama di Sektor Ketenagalistrikan untuk Pengembangan Energi Terbarukan--(Sumber Gambar : Antara)

 

Sejak dimulainya kerja sama di bidang ketenagalistrikan pada tahun 2016, Indonesia dan Jerman melalui GIZ, KfW, dan PLN telah berkolaborasi dalam berbagai inisiatif untuk mendukung transisi energi di Indonesia. Kerja sama ini mencakup pembiayaan proyek-proyek energi terbarukan, pengembangan jaringan transmisi dan distribusi, serta peningkatan kapasitas teknis dan pelatihan untuk staf PLN.

Kolaborasi teknis antara PLN dan GIZ telah menghasilkan berbagai capaian, termasuk kajian tekno-ekonomi perencanaan ketenagalistrikan di Selayar yang mendukung terwujudnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Selayar milik PLN yang telah beroperasi sejak 2022. PLTS Hybrid ini berhasil menghemat biaya operasional sebesar 16,5 miliar rupiah per tahun. Selain itu, kerja sama ini juga telah melatih lebih dari 350 staf PLN dalam operasi dan perencanaan sistem ketenagalistrikan yang lebih ramah lingkungan.

Ke depan, KfW dan PLN berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama di bidang energi bersih melalui dukungan finansial, pelaksanaan studi, dan capacity development bagi PLN. Kolaborasi ini akan dilanjutkan melalui berbagai instrumen dan program seperti Energy Transition Acceleration Program dan Just Energy Transition Partnership, dengan harapan dapat mendorong Indonesia menuju masa depan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Kerja sama ini menunjukkan komitmen kuat kedua negara dalam menghadapi tantangan energi global dan mempercepat langkah menuju transisi energi yang lebih berkelanjutan. Dengan sinergi yang baik antara Indonesia dan Jerman, diharapkan target emisi nol bersih dapat tercapai lebih cepat dan membawa manfaat jangka panjang bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sumber: beranda antara