Kirab Duplikat Bendera Pusaka di IKN, Kepala BPIP Sambut Simbol Persatuan Bangsa di Kaltim

Kirab Duplikat Bendera Pusaka di IKN, Kepala BPIP Sambut Simbol Persatuan Bangsa di Kaltim

Kirab Duplikat Bendera Pusaka di IKN, Kepala BPIP Sambut Simbol Persatuan Bangsa di Kaltim--(Sumber Gambar: Istimewa)

RADAR JABAR - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., menyambut kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Duplikat tersebut dibawa dari Cawan Monas, Jakarta, untuk dikibarkan dan dibacakan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Ke-79 RI yang akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang.

Empat Purnapaskibraka Duta Pancasila binaan BPIP yang terpilih untuk membawa Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tersebut adalah Kachina Ozora asal Kalimantan Tengah, Keyla Azzahra Purnama asal Sumatera Selatan, Lilly Indriani Suparman Wenda asal Papua Pegunungan, dan Naila Aulita Alqubra Sinapoy asal Banten.

 

BACA JUGA:1.400 Kursi Disiapkan untuk Warga dan Pekerja di HUT KE-79 RI Pada 17 Agustus di IKN

 

Mereka menjadi bagian dari sejarah penting bangsa Indonesia dengan turut andil dalam membawa simbol kebanggaan nasional ini ke lokasi upacara di IKN.

Prof. Yudian Wahyudi menegaskan bahwa kirab ini merupakan simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia. "Ini simbol bahwa Bendera Merah Putih harus terus berkibar di seluruh penjuru Nusantara. Jika tidak ada Bendera Merah Putih, tidak akan ada pula Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Yudian menambahkan bahwa kirab ini juga menjadi momentum untuk memperkuat jiwa nasionalisme dan menjaga persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

 

BACA JUGA:Menhub Budi Karya Menyatakan Bandara IKN Akan Layani Penerbangan Internasional Langsung ke Eropa

 

Prakoso, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP yang membawahi Program Paskibraka, menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan para putera-puteri terpilih ini sejak Bulan Juli lalu, dengan latihan fisik dan mental yang intensif di Cibubur. Mereka dipersiapkan untuk tampil pada upacara puncak tanggal 17 Agustus di IKN.

Para Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 yang telah tiba di Balikpapan juga akan segera menjalani latihan gabungan di IKN sebelum dikukuhkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada 13 Agustus mendatang.

Sumber: